Buat Taman Tampak Cantik, DLH Kota Malang Terus Lakukan Pembibitan

Jun 18, 2020 17:01
Petugas UPT pengelolaan taman aktif dan kebun bibit DLH Kota Malang saat melakukan pembibitan (Hendra Saputra)
Petugas UPT pengelolaan taman aktif dan kebun bibit DLH Kota Malang saat melakukan pembibitan (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Jika masyarakat Kota Malang saat ini melihat taman sangat bagus dan indah, hal itu tidak lepas dari peran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Taman Aktif dan Kebun Bibit DLH Kota Malang.

Kenapa seperti itu? Ya, UPT pengelolaan taman aktif dan kebun bibit DLH Kota Malang adalah yang organisasi perangkat daerah (OPD) yang menaungi tentang tanaman yang ada di dalam taman di Kota Malang.

Baca Juga : Cipta Karya Manfaatkan Botol Bekas jadi Filter Pengolahan Air Limbah

 

Seperti dalam Perwal nomor 93 tahun 2019, disebutkan bahwa UPT Pengelolaan Taman Aktif dan Kebun Bibit DLH Kota Malang membawahi 7 taman aktif dan empat kebun bibit.

"Sesuai dengan perwal tersebut diperuntukkan untuk kebutuhan taman aktif, kami tetap lakukan pembibitan dari indukan yang ada di kebun," ujar Kepala UPT Pengelolaan Taman Aktif dan Kebun Bibit  DLH Kota Malang, Lukman Hidayat.

Untuk pemrosesan membentuk bunga atau pohon yang indah, Lukman Hidayat menyebut ada beberapa proses atau metode yang digunakan.

"Kami ambil dengan beberapa macam metode pembibitannya. Ada metode pembibitan yang diambil ketika perempesan di taman lalu kami bawa ke sini untuk kemudian dilakukan pembibitan. Ada juga yang melalui anggaran untuk pembibitan, tapi itu kami prioritaskan untuk mempercantik Kota Malang ketika menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia pada bulan Agustus," ungkap Lukman.

Baca Juga : Ikon sejak Zaman Belanda, DLH Kota Malang Ganti Palm Raja yang Rusak

 

Disinggung mengenai gagasan untuk mempercantik taman di Kota Malang dengan tanaman baru, Lukman mengatakan untuk saat ini pihaknya masih belum melakukannya. Hal itu karena pemerintah daerah anggarannya difokuskan untuk penanganan Covid-19.

"Kami belum mempunyai gagasan untuk tanaman baru, karena keterbatasan anggaran, tapi kami tetap berupaya untuk membuat taman di Kota Malang terus terlihat cantik," jelas Lukman. 

Topik
DLH Kota MalangUPT Pengelolaan TamanKebun Bibit DLH Kota MalangLukman Hidayattaman di kota malangberita malang hari ini

Berita Lainnya

Berita

Terbaru