Ikon sejak Zaman Belanda, DLH Kota Malang Ganti Palm Raja yang Rusak

Jun 16, 2020 17:36
Pohon palm raja di Jalan Ijen terlihat sudah ada yang gundul. (Hendra Saputra)
Pohon palm raja di Jalan Ijen terlihat sudah ada yang gundul. (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Jalan Ijen merupakan salah satu ikon Kota Malang. Karena itu, estetika dengan deretan pohon palm raja di sepanjang jalan itu terus dijaga. 

Ketika ada palm raja yang mati atau rusak, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang bidang ruang terbuka hijau menjaga melakukan penanaman kembali dengan jarak 1 sampai 1,5 meter.

Baca Juga : Rumah PKD Kota Malang Olah Sampah hingga 3 Gerobak Setiap Hari

 

Palm raja itu memang identik dengan kawasan Jalan Ijen atau yang sekarang tenar dengan nama Idjen Boulevard sejak zaman Belanda. Palm raja tumbuh  di sisi timur dan barat jalan. Dan kini, pohon-pohon tersebut terus dijaga kelestariannya agar ciri khas yang sudah diciptakan sejak dulu tidak hilang akibat kurangnya perhatian.

Kepala Bidang (Kabid) Ruang Terbuka Hijau (RTH) DLH Kota Malang Kuncahyani mengatakan bahwa pihaknya saat ini, selain menjaga kelestarian pepohonan yang ada di Kota Malang, juga secara khusus menjaga pohon palm raja di Jalan Ijen.

"Selain menjaga kelestarian palm raja, kami juga terus menanam palm raja untuk mengganti pohon yang sudah gundul atau rusak," ujar Kuncahyani kepada media ini, Selasa (16/6/2020).

Selain itu, Bidang Tuang Terbuka Hijau DLH Kota Malang pada masa new normal ini mempersiapkan kenyamanan masyarakat yang mempergunakan jalan dengan merapikan pohon yang sudah mulai menjalar atau dahan pohon yang memanjang.

"Di masa new normal ini kami menjaga keindahan pohon karena masyarakat mulai banyak melakukan aktivitas di jalan," kata Yani, sapaan akrab Kuncahyani.

Baca Juga : Jaga Kualitas Air HIPPAM Tetap Bersih, Cipta Karya Rutin Pengecekan Tiap 6 Bulan Sekali

 

Meski begitu, DLH Kota Malang tetap mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan yang sudah ditetapkan jika menggunakan pedestrian Jalan Ijen untuk melakukan aktivitas. Sebab, pandemi covid-19 masih berlangsung. 

 

Topik
DLH Kota MalangJalan Ijenpohon Palm RajaNew NormalKuncahyaniRuang Terbuka Hijauberita malang hari ini

Berita Lainnya

Berita

Terbaru