Jaga Estetika Keindahan Jalan Ijen, DLH Kota Malang Rapikan Pohon Palm Raja

Jun 16, 2020 15:43
Tim potong pohon yang merapikan pohon Palm Raja di Jalan Ijen (Hendra Saputra)
Tim potong pohon yang merapikan pohon Palm Raja di Jalan Ijen (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Memasuki masa New Normal, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang merapikan sejumlah pelepah pohon Palm Raja yang ada di kawasan Jalan Ijen. Hal itu untuk menjaga keindahan estetika daerah yang ditetapkan menjadi kawasan heritage itu.

Sejak zaman Belanda, kawasan Jalan Ijen memiliki ciri khas yakni pohon Palm Raja ada di sisi timur dan barat, kemudian juga ada taman yang membelah jalan menjadi dua arah.

Baca Juga : Rumah PKD Kota Malang Olah Sampah hingga 3 Gerobak Setiap Hari

Untuk menjaga estetika keindahannya, DLH Kota Malang Bidang Ruang Terbuka Hijau yang juga menaungi taman pasif mulai melakukan tugasnya di mana memang saat ini sudah mulai banyak orang yang melakukan aktivitas di pedestrian, baik itu berolahraga maupun bersepeda.

"Bidang taman khususnya tim potong pohon, melaksanakan giat di pedestrian Jalan Ijen di sisi timur dan barat. Kami turun dua tim, satu bekerja di sisi timur dan satu lagi di sisi barat," ujar Kepala Bidang (Kabid) Ruang Terbuka Hijau DLH Kota Malang, Kuncahyani.

Tim potong pohon menyisir pohon Palm Raja yang sudah kering dan menggantung di atas dan terlihat sebagian sudah menggantung di kabel. "Pelepah yang kering atau yang sudah menggantung itu cukup mengganggu keindahan pedestrian dan dikhawatirkan jika jatuh mengenai pengguna jalan," ungkap Yani, sapaan akrab Kuncahyani.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Malang Rinawati mengatakan bahwa pedestrian Ijen ini adalah kawasan heritage yang menjadi landmark Kota Malang, karena sejak zaman Belanda dulu di sisi timur dan barat ini selalu ada pohon Palm Raja.

Dan di masa New Normal ini bidang ruang terbuka hijau merapikan pohon Palm Raja yang berada di Jalan Ijen menggunakan dua snorklift dan empat dump truck yang menyisir di sisi timur dan barat.

Baca Juga : Jaga Kualitas Air HIPPAM Tetap Bersih, Cipta Karya Rutin Pengecekan Tiap 6 Bulan Sekali

"Di masa New Normal ini kami siapkan lagi keindahan dan kenyamanannya, karena masyarakat juga sudah banyak yang melakukan aktivitas," ujar Rinawati.

"Kegiatan ini dijadwalkan dua minggu sekali, karena setiap harinya teman-teman ini kegiatannya adalah melakukan pelayanan masyarakat untuk melaksanakan perempesan pohon berdasarkan permintaan dan melakukan perempesan hasil monitoring atau hasil survei pohon yang kering dan pohon yang dahannya terlalu masuk ke jalan, itu harus kami amankan," imbuhnya mengakhiri.

Topik
Estetika Keindahan Jalan IjenDLH Kota MalangNew Normalpohon Palm RajaBerita Malangberita malang hari ini

Berita Lainnya

Berita

Terbaru