Pelatihan penanganan jenazah covid-19. (Foto: Humas)
Pelatihan penanganan jenazah covid-19. (Foto: Humas)

MALANGTIMES - Lagi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) menunjukkan peranan pentingnya dalam masyarakat.

Sebagai ujung tombak pelaksana salah satu Tri Dharma Perguruan tinggi, yakni melakukan pengabdian kepada masyarakat, LP2M mengadakan kegiatan pembinaan dan pendampingan kampung mandiri Qoryah Thoyyibah.

Pembinaan dan pendampingan ini dilakukan melalui salah satu program prioritasnya yakni UIN Mengabdi. Pembinaan dan pendampingan kampung mandiri Qoryah Thoyyibah dilaksanakan di RW 13, Kelurahan Purwodadi, Kec. Blimbing, Kota Malang, Selasa (9/6/2020).

Baca Juga : Pekan Kedua Transisi, Jumlah Pasien Covid-19 di Kabupaten Malang Ada 102 Kasus

 

Hadir saat kegiatan, Ketua Satgas covid-19 UIN Maliki Malang dr Christyaji Indradmojo, Dr Muh Abtokhi MAg dan Dr Syaiful Mustofa MA (perwakilan LP2M), Kapolresta Malang, dan Dandim kota Malang.

Agenda yang dilakukan di RW 13 Kelurahan Purwowadi tersebut adalah pemberian bantuan sosial berupa pembagian sembako. Selain itu, juga ada pelatihan perawatan dan pemulasaran jenazah hingga pemandian jenazah yang dikoordinir timnya dari perwakilan Polresta Malang. Mereka pun mengajak warga untuk melihat dan terlibat langsung dalam pelatihan tersebut.

"Tujuannya agar warga masyarakat paham benar dengan cara pemulasaran jenazah yang tidak hanya positif covid-19 melainkan jenazah lain yang memiliki riwayat penyakit menular," ujar Sekretaris LP2M UIN Malang Abtokhi.

Menurutnya kegiatan kali ini merupakan awal dari bagian agenda UIN Mengabdi yang telah menjadi program di kampung mandiri Qoryah Thayyibah. Sedangkan launching-nya sudah dilaksanakan Sabtu kemarin (23/5/2020) di dua lokasi, yakni Ciptomulyo RW 2 Sukun dan Mergosono RW 1 Kedungkandang.

Baca Juga : Klaster Keluarga Mendominasi di Kota Malang, Bagaimana agar Tak Tertular Covid-19?

 

Ke depannya, dengan program UIN Mengabdi yang bekerja sama dengan Polresta Malang dan Dandim Kota Malang ini melalui kampung mandiri qoryah thayyibah ini para dosen UIN Malang bisa terlibat di dalamnya.

"Sehingga akan lebih optimal dalam melakukan berbagai program pembinaan dan pendampingan kampung mandiri tersebut," tandasnya.