Sukarno Festival digelar dengan tema 'Sukarno Baru' untuk memperingati Hari Lahir Bung Karno.
Sukarno Festival digelar dengan tema 'Sukarno Baru' untuk memperingati Hari Lahir Bung Karno.

MALANGTIMES - Pandemi virus corona (covid-19) tak menyurutkan kalangan pemuda memeriahkan Bulan Bung Karno di Kota Blitar. Acara berkelas nasional bertema Sukarno Festival pun digelar secara virtual selama bulan Juni.

Memperingati Hari Lahir Bung Karno yang jatuh pada 6 Juni, Sukarno Festival kembali menggelar diskusi dengan tema “Sukarno Baru”, Sabtu (6/6/2020). Diskusi yang dimulai pukul 15.00-17.00 itu akan menampilkan tokoh-tokoh nasional. Di antaranya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, anggota Komisi IX DPR RI Puti Guntur Soekarno, Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan, Kepala Perpustakaan Proklamator Bung Karno Janti Suksmarini, dan Ketua Umum ICNN T.B. Fikri Chikara Satari. 

Baca Juga : Kisah Dokter Muda di Indonesia, Atasi Wabah Menular di Kota Malang Tanpa Kenakan APD

Menurut Upi Suprianto selaku panitia kegiatan, diskusi publik kali ini menghadirkan tokoh-tokoh muda dengan harapan menularkan semangat perjuangan dan kepemimpinan Bung Karno kepada generasi milenial. Itu sebagaimana Bung Karno pernah berkata: ‘Beri aku 1.000 orang tua , niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncang dunia’.

“Kali ini diskusi kami gelar dengan membawa tema 'Sukarno Baru'. Dengan semangat ini, kami harap di masa yang sulit ini akan lahir takoh pemuda baru yang mampu membawa Indonesia bangkit ke masa Indonesia emas,” ungkap Upi Suprianto.

Lebih dalam Upi menyampaikan, semangat Bung Karno dalam membangun Indonesia secara berdikari dengan ideologi Pancasila harus dilanjutkan oleh kalangan generasi muda milenial. “Hal mendasar yang bisa kita lakukan meneruskan kiprah Bung  Karno ialah dengan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Serta membawa semangat gotong royong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tandasnya.

Baca Juga : Corona Mewabah, Ajang Musik Metal Se-Indonesia Diundur Tahun Depan

Sekadar diketahui, Sukarno Festival merupakan festival virtual memperingati Bulan Bung Karno 2020. Acara yang digelar disiarkan melalui channel You Tube @sukarnofestival dan dapat diikuti melalui aplikasi Zoom.