Ilustrasi (istimewa)
Ilustrasi (istimewa)

MALANGTIMES - Kasus positif Covid-19 di Kota Malang nampaknya belum melandai. Hingga hari ini (Jumat, 5/6/2020), tercatat ada penambahan pasien positif sebanyak 6 orang.

Jumlah ini menambah daftar rentetan pasien positif Covid-19 di Kota Malang menjadi 64 kasus. Tetapi, kabar baiknya 2 pasien sebelumnya dinyatakan sembuh.

Baca Juga : Karantina Lokal Desa Giripurno Lanjut 14 Hari, Pemkot Batu Siapkan SOP Pengiriman Sayur

"Ada 2 yang sembuh merupakan keluarga dari tenaga kesehatan (Nakes) yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebelumnya. Totalnya untuk pasien sembuh menjadi 24. Sedangkan tambahannya ada 6 pasien baru," ujarnya.

Dari total 6 pasien tambahan positif Covid-19 tersebut, sebagian besar dari klaster keluarga dan pertemanan. Rinciannya, 2 pasien laki-laki berusia 73 tahun dan 41 tahun terjangkit dari riwayat tertular salah satu keluarga terkonfirmasi positif Covid-19 yang telah meninggal.

Satu pasien, laki-laki juga berusia 58 tahun yang juga memiliki kontak erat dengan keluarganya yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada tanggal 1 Juni 2020 lalu.

"Sedangkan 3 orang lainnya merupakan laki-laki berusia 47 tahun dan 51 tahun, serta seorang perempuan berusia 28 tahun. Mereka merupakan teman dari pasien conform positif Covid-19 dari kasus tanggal 1 Juni 2020," terangnya.

Lebih lanjut, Juru Bicara Gugus Satgas Covid-19, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit  (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif menyampaikan dari ke enam pasien tersebut dua diantaranya yakni laki-laki berusia 73 tahun dan 41 tahun menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Karena kondisi klinisnya bagus, dan rumahnya sesuai 2 pasein menjalani isolasi mandiri di rumah. Sedangkan empat pasien positif Covid-19 lainnya menjalani perawatan isolasi di rumah sakit," jelasnya.

Sementara itu, di masa transisi menuju New Normal hari ke lima ini beberapa jumlah kasus Covid-19 dari kategori lainnya juga mengalami penambahan.

Baca Juga : Hari Ini di Kota Batu Ada Tambahan 2 Orang Positif Covid-19

Kategori  OTG (Orang Tanpa Gejala) juga bertambah 10 menjadi 472. Kemudian, ODP (Orang Dalam Pantauan) kini mencapai 921 atau bertambah 1 dari hari sebelumnya. Dengan rincian, 70 masih dalam tahap dipantau, 850 sudah selesai pemantauan, dan 1 dinyatakan meninggal.