Aktivitas di pusat perbelanjaan sebelum PSBB. (Istimewa).
Aktivitas di pusat perbelanjaan sebelum PSBB. (Istimewa).

MALANGTIMES - Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Malang Raya resmi berakhir Sabtu (30/5/2020) malam. Mal dan pusat perbelanjaan di Kota Malang pun mulai buka dan aktif seperti sebelumnya. Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, mal juga melarang pengunjunjung yang tak mengenakan masker untuk masuk.

Mall Director Malang Town Square (Matos) Fifi Trisjanti menyampaikan, mal buka per hari ini, Minggu (31/5/2020). Namun jam operasional tak sama seperti sebelumnya. Matos  buka sejak pukul 11.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Baca Juga : PSBB Malang Raya Berakhir, Pasien Covid-19 Ke-2 di Kota Batu Sembuh

"Kalau Lippo Mall kebijakan buka dari pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB. Itu juga sudah diperbolehkan pemerintah. Tapi kami di Malang buka dari pukul 11.00 WIB sampai 20.00 WIB," kata Fifi, Minggu (31/5/2020).

Meski kembali beroperasi, Fifi menegaskan  bahwa protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan. Tenant yang ada di dalam mal juga diwajibkan menyertakan surat keterangan sehat untuk masing-masing karyawan.

Selain itu, setiap tenant harus siap dengan prosedur yang disiapkan. Di antaranya harus memastikan pengunjung menjaga jarak aman dengan menyediakan sticker atau tanda jaga jarak aman, menyediakan hand sanitizer, mempersiapkan karyawan bekerja sesuai prosedur dan ketentuan LMI yang disesuaikan dengan protokol kesehatan menuju new normal.

Selain itu, ketentuan tenant yang siap buka juga mengacu pada aturan pemerintah yang berlaku. Sehingga, jika terdapat tenant yang masuk dalam kategori belum boleh buka berdasarkan aturan pemerintah, maka belum diizinkan untuk buka.

"Kemudian untuk pengunjung wajib kenakan masker. Jika tidak, maka akan dilarang masuk," tegas Fifi.

Bukan hanya itu. Setiap pengunjunh juga akan menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki area mal. Batas maksimal suhu tubuh pengunjung yang boleh masuk adalah 37,5 derajat celcius. Apabila suhu tubuh berada pada batas maksimal atau melebihi batas maksimal, maka pelanggan dilarang masuk area mal.

Pihak mal juga menyediakan hand sanitizer di beberapa titik strategis dan mudah dijangkau untuk memberikan kemudahan menjaga kebersihan tangan. Di antaranya di setiap pintu masuk mal, area customer service, ATM center, vending machine, dan liff. "Kami juga mengingatkan agar pengunjung menggunakan hand sanitizer setiap 1 jam sekali," tambahnya.

Selanjutnya pengunjung diharapkan menerapkan prosedur jaga jarak (physical distancing) dengan dengan jarak minimal 1,5 meter khususnya di area pintu masuk, pada saat berbelanja, menunggu antrean di kasir, antrean customer service, area makan/food court, dan juga saat menggunakan lift ataupun eskalator.

Pengunjung juga diimbau untuk menggunakan alat pembayaran yang lebih aman dan mengurangi kontak langsung dengan menggunakan beberapa transaksi non-tunai. Mal juga akan sering melakukan penyemprotan desinfektan di beberapa fasilitas publik seperti toilet, lift, eskalator, musala, dan beberapa area publik lainnya  pada jam operasional mal.

Baca Juga : Check Point Ditiadakan Malam Ini, Polres Malang Tunggu Peraturan Bupati

"Setelah penutupan mal dan juga dilakukan sebelum mal buka kembali. Menutup sementara layanan pengunjung seperti  valet parking dan area bermain anak-anak yang disediakan mal.
Melengkapi front line dengan sarung tangan, face shield dalam melayani pengunjung," ungkap Fifi.

Hal senada juga disampaikan Tenant Relations MOG Peptina Magdalena. Perempuan berhijab itu menyampaikan bahwa protokol kesehatan dilakukan leboh ketat sejak mal kembali dibuka saat menuni new normal. Di pintu masuk mal disiapkan alat pengukur suhu hingga han sanitizer dan tempat untuk mencuci tangan.

"Jam operasional mal dari pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB. Tapi jam operasional sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan situasi dan kondisi serta aturan yang dibuat pemerintah," terangnya.

Sementara itu, Sarinah Department Store Malang tampaknya memilih untuk belum buka dan beroperasi pada hari pertama pasca-selesainya PSBB. Plh Store Manager Sarinah Malang Febi Damayanti menyampaikan bahwa Sarinah akan kembali beroperasi sejak Senin (1/6/2020) besok. "Kami beroperasi mulai 1 Juni," terangnya.

Berdasarkan pantauan, beberapa mal dan pusat perbelanjaan yang buka sejak berakhirnya masa PSBB adalah Matos, MOG, Ramayana, hingga Matahari Mitra. Beberapa toko pakaian yang berada di pusat kota dan area Pasar Besar juga terlihat kembali beroperasi.