Peta terbaru titik kerawanan penyebaran covid-19 di Jatim.
Peta terbaru titik kerawanan penyebaran covid-19 di Jatim.

MALANGTIMES - Peta Kota Surabaya kini tak lagi berwarna merah untuk tanda persebaran covid-19. Khusus Kota Surabaya di Provinsi Jawa Timur kini berbeda sendiri dengan ditandai warna hitam.

Berubahnya warna tersebut karena di Kota Pahlawan kini sudah ada seribu kasus lebih. Terakhir pada Jumat (29/5) malam bahkan sudah mencapai 2.394 kasus positif covid-19 dengan adanya 94 kasus baru.

Baca Juga : Buat Gaduh, Wali Kota Risma Ditunjukkan Bukti Surat Peruntukan Mobil PCR oleh BPBD Jatim

Selain itu, yang menjadi sorotan tingkat kematian covid-19 di Surabaya lebih tinggi daripada kesembuhan. Pada Jumat (29/5) tercatat ada 17 kematian dalam sehari. Sehingga total jumlah kasus kematian di Surabaya mencapai 219 kasus atau mencapai 9,14 persen.

Sementara itu, pada hari yang sama, pasien yang sembuh tercatat hanya bertambah satu. Sehingga total yang sudah sembuh ada 200 orang atau mencapai 8,35 persen saja.

Dalam sesi konferensi pers, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyampaikan bahwa data tersebut kurang begitu menggembirakan. "Maka data yang harus jadi pengingat bagi kita semua. Dan kita juga amat sangat berduka cita dari perjalanan layanan covid-19 di Jatim, angka meninggal pada hari ini adalah angka tertinggi," ujarnya di Gedung Negara Grahadi.

Di Jatim, menurut Khofifah, Jumat (29/5) secara keseluruhan ada 24 korban meninggal dalam sehari. Dan terbanyak di Kota Surabaya dengan adanya 17 kasus.

"Ini harus menjadi catatan kita bersama. Bahwa dari berbagai maksimalisasi pasien yang terkonfirmasi positif covid-19, maka cara yang paling jitu dan tokcer ternyata adalah disiplin, pola hidup bersih dan sehat, patuh terhadap protokol kesehatan karena vaksin belum ditemukan," imbuh mantan menteri sosial RI ini.

Baca Juga : Surabaya Bisa Jadi Wuhan karena Covid-19, Ahli Sebut Kondisi yang Tidak Aman

Sementara itu, tingkat mortality atau kematian secara nasional tak sampai tembus di angka 9 persen. Secara nasional, angka kematian mencapai 1.520 kasus atau 6,02 persen.

Hingga saat ini, secara keseluruhan total kasus positif covid-19 di Indonesia sudah tembus 25.216. Dan sebanyak 6.492 orang sudah dinyatakan sembuh.