Legenda Manchester United, David Beckham (istimewa)
Legenda Manchester United, David Beckham (istimewa)

MALANGTIMES - Bulan Mei memunculkan sejarah bagi dunia sepak bola. Hal itu karena beberapa bintang top melakukan perpisahan pada bulan kelima pada setiap tahunnya ini.

Sejumlah pesepakbola profesional Eropa seperti Andres Iniesta, Zinedine Zidane, Francesco Totti hingga David Beckham melakukan perpisahan bersama klub terakhirnya masing-masing pada bulan Mei.

Baca Juga : Ada yang Pengaruhi Juergen Klopp untuk Datangkan Sancho Ketimbang Werner

Dilansir dari Bleacher Report, empat esepakbola yang cerdas dalam bermain ini bisa tepat kompak melakukan perpisahan pada bulan Mei.

Pertama ada Zinedine Zidane yang pada 7 Mei 2006 menjalani laga terakhirnya bersama Real Madrid. Kala itu Los Blancos menghadapi tim tamu Villarreal.

Sebelumnya, Zizou (sapaan akrab Zidane) telah berujar setelah menjalani Piala Dunia 2006 ia akan gantung sepatu alias pensiun sebagai pesepakbola.

Sebenarnya, Zizou bisa saja memberi kenangan manis di laga terakhirnya tersebut karena bisa menciptakan satu gol. Namun sayang Villarreal berhasil menahan imbang Madrid dengan skor akhir -3-3.

Yang kedua ada nama mantan bintang Manchester United, David Beckham yang melakukan perpisahan bersama tim terakhirnya Paris Saint-Germain (PSG) pada 19 Mei 2013.

Pada perpisahan tersebut, Beckham menjalani laga terakhir melawan Brest di Parc Des Princes. Saat itu suami dari Victoria Beckham itu mendapat kehormatan untuk menjadi kapten tim, dan saat digantikan pada menit 81, pesepakbola yang banyak mendapat endorse itu menangis karena harus berakhir menjadi pemain.

Yang ketiga ada nama Francesco Totti yang melakukan perpisahan dengan tim yang dibelanya selama 25 tahun berkarir sebagai pesepakbola yakni AS Roma pada 28 Mei 2017.

Ya, Totti adalah salah satu pemain yang menumpahkan kemampuannya menjadi pemain  sepak bola hanya dengan satu klub yakni AS Roma.

Baca Juga : Alasan Tammy Abraham Tolak Liga Inggris Dilanjutkan

Predikat one man one club pun tersemat pada pemain yang akrab bernomor punggung 10 itu. Dan perpisahan Totti dengan AS Roma Roma disertai banjir air mata suporter dan rekan setim.

Di Roma, Totti memegang sejumlah rekor klub mulai dari penampilan terbanyak yaitu 785 kali hingga pencetak gol terbanyak dengan 307 gol.

Terakhir ada nama gelandang pintar Andres Iniesta yang berpisah dari Barcelona pada 20 Mei 2018 setelah kurang lebih 16 tahun menjadi pemain dari klub berwarna jersey biru merah itu.

Di Barcelona, Iniesta menghabiskan 674 pertandingan di semua ajang dan telah mengoleksi 57 gol. Namun torehan gol yang didapat itu masih lebih banyak dari torehan assist nya yakni 140.