MALANGTIMES - Lebaran di rumah saja bukan berarti harus membuat kita bersedih. 

Semangat menyambut hari kemenangan harus tetap dirasakan sebagai wujud syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada kita semua.

Baca Juga : Bosan Sama Nastar atau Kastengel, Coba Bikin Palm Cheese Ball Cookies yang Manis Gurih Ini

Nah, supaya tak sedih berkepanjangan, tak ada salahnya jika kita membuat olahan khas Malang untuk memberi energi baru dari aktivitas lebaran kita yang di rumah saja. 

Karena ada banyak olahan khas Malang yang cocok disantap bersama anggota keluarga yang lain, tentu akan lebih menarik jika dimasak bersama.

Berikut ini MalangTIMES rangkumkan beberapa olahan khas Malang lengkap dengan resep yang bisa dimasak sendiri di rumah.

1. Bakso Malangan
 

Bakso Malang (qraved)


Nggak harus melulu beli, bakso Malangan juga bisa kalian buat sendiri di rumah loh. 

Kalian bisa membuatnya sesuai resep asli, atau bahkan dengan sentuhan kreativitas sendiri. 

Siapa tahu justru muncul resep baru yang nanti bisa jadi menu andalan yang bisa dijual, kan lumayan.

Berikut ini resep membuat bakso malangan dilansir dari cookpad.com.

Pertama adalah bahan membuat bakso, yang perlu disiapkan adalah 300 gr daging ayam, 200 gr daging sapi, 150 gr tepung sagu, 1 butir telur, ambil putihnya saja, 4 siung bawang putih, haluskan, 1 sdt Kaldu sapi bubuk  1/2 sdt Garam halus, 1 sdt Merica bubuk, secukupnya Tahu goreng,

Kemudian untuk bumbu kuah, kalian harus siapkan 3 siung bawang putih, 2 siung bawang putih, 1/2 buah pala, merica bubuk, kaldu sapi bubuk. 

Untuk pelengkap dibutuhkan daun bawang dan seledri yang diiris halus, sawi hijau yang direndam dengan air panas sebentar, bawang putih goreng, dan bawang merah goreng. Kemudian pangsit goreng, mie kuning, bihun, telur rebus, dan sambel rawit

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan daging sapi dan daging ayam, masukkan ke mesin penggiling bersama putih telur, kaldu bubuk, garam, dan merica halus.

Setelah halus, pindahkan ke wadah lain, masukkan bawang putih halus. 

Setelah tercampur rata, terakhir tambahkan tepung sagu, aduk hingga rata. 

Sementara itu, rebus air hingga mendidih untuk merebus bakso. Tambahkan sejumput garam halus dan minyak goreng 1 sdm.

Langkah ke dua adalah belah dua tahu, lalu masukkan adonan bakso ke dalamnya. Masukkan ke air yang sudah mendidih. 

Lalu, bentuk bakso dengan tangan juga. Lakukan sampai adonan habis untuk keduanya.

Selanjutnya untuk kuah, langkahnya adalah memasak bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan sampai sedikit kecokelatan. 

Lalu, tambahkan 4 gelas air  dan masukkan pala, garam, dan kaldu bubuk. Koreksi rasa. Masak hingga mendidih dan bumbu sudah turun ke bawah, dan wangi.

Susun mie kuning, bihun, sawi hijau, seledri, daun bawang, pangsit goreng, bawang goreng, bakso, dan bakso tahu. Lalu siram dengan kuah. Bakso malang siap disajikan dengan kecap, perasan jeruk nipis, dan sambel rawit.
 

2. Cwie Mie
 

Cwie Mie


Lanjut pada olahan khas Malangan berikutnya yaitu Cwie Mie. 

Meski membutuhkan keahlian khusus, tapi tak ada salahnya untuk kita mencoba memasaknya sendiri di rumah ya. 

Buat yang ingin mencoba, berikut resep yang bisa kalian tiru dilansir dari cookpad.com.

Bahan mi yang harus dipersiapkan adalah 6 gulung mi basah untuk mi ayam, secukupnya daun selada dan kecap asin. 

Kemudian untuk bahan kaldu yang harus disiapkan adalah daun bawang secukupnya potong panjang kira-kira 3 centimeter, 1 bagian tulang dada ayam, secukupnya garam, 1,5 lt air.

Lanjut untuk bahan topping, yang harus disiapkan adalah 1/4 kg dada ayam, 2 siung bawang putih cincang halus secukupnya, merica bubuk, dan 1 cm jahe yang digeprek.

Kemudian bahan minyak adalah 2 ons kulit ayam, 3 siung bawang putih, 1 ruas jahe digeprek, 1 tangkai daun bawang, iris, 200 ml minyak goreng.

Terakhir bahan acar, yang dibutuhkan adalah 3 buah timun yang dibelah dua dan dihilangkan bijinya. Lalu potong tebal kira-kira 0,5 cm, cabai rawit secukupnya, cuka, garam secukupnya, dan 4 sdm gula putih.

Langkah-langkahnya, pertama membuat minyak ayam terlebih dahulu. Panaskan minyak api kecil, tumis bawang putih, daun bawang dan jahe, masukkan kulit ayam, masak hingga kulit kering (kalo bawang putih mulai gosong, bisa diangkat bawang putihnya), matikan api, saring minyak masukkan ke dalam wadah

Kemudian cara membuat kaldu adalah didihkan air, masukkan tulang ayam, masukkan daun bawang, tambahkan garam sedikit.

Lanjut cara membuat topping. Pertama tumis bawang putih cincang dan jahe hingga kekuningan, sisihkan. Potong dadu dada ayam, blender dengan air. Masak ayam yang telah diblender dengan api kecil hingga hilang airnya, masukkan tumisan bawang putih, aduk rata

Cara membuat acar timun adalah, rebus gula dan cabe rawit hijau hingga gula larut. Masukkan ke dalam irisan timun, aduk rata. Tambahkan garam dan cuka secukupnya. Koreksi rasa.

Terkahir cara penyajian, siapkan piring, masukkan 3 sdt minyak ayam, 2 sdt kecap asin (menurut selera), merica bubuk seujung sdt. Aduk rata. Masukkan rebusan mi, beri topping ayam, taburi daun bawang. Jangan lupa acar timunnya.

3. Rawon
 

Rawon


Rawon hampir selalu bisa dinikmati dalam berbagai kesempatan. 

Tapi saat lebaran, tampaknya rawon juga wajib masuk sebagai salah satu menu yang dihidangkan di meja makan. 

Berikut ini resep membuat rawon dilansir dari cookpad.com yang bisa kalian praktikkan di rumah.

Baca Juga : Punya Rasa Manis, Pahit dan Legit, Ciri Khas Durian Kunir dan Bajol Desa Jombok

Pertama, bahan-bahan yang harus disiapkan adalah 250 gr daging sapi, tauge pendek, 1 batang sereh, 2 lembar daun jeruk, sedikit gula merah, secukupnya air, dan minyak untuk menumis.

Kemudian bumbu halus berupa 8 bawang merah, 4 bawang putih, 3 buah kluwak, seruas jahe, sedikit jinten, sedikit merica, gula pasir secukupnya, garam secukupnya, dan penyedap rasa secukupnya.

Langkah-langkah membuat rawon. Pertama potong dadu daging sapi dan rebus hingga matang. Kemudian rebus atau rendam air hangat sebentar kluwak. 

Tumis semua bumbu halus, sereh dan daun jeruk sampai harum.

Lalu campurkan tumisan dengan rebusan daging. Rebus hingga matang, tambahkan gula garam dan penyedap. Selanjutnya rawon siap disajikan.

4. Rujak Buah
 

Rujak Buah


Selain makanan berat seperti di atas, jangan lupa untuk menikmati sajian yang nggak kalah maknyus dari Malang, yaitu rujak buah. 

Selain bisa dibeli, rujak buah juga bisa dibuat sendiri di rumah. Berikut resep dan langkahnya untuk yang ingin membuatnya sendiri dilansir dari cookpad.com.

Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah 1/2 sendok makan garam, 10 biji cabe atau sesuai selera, 1/2 sendok makan gula pasir, 1/2 sendok makan asam jawa, 1/2 sendok makan terasi ikan, 2 sendok makan petis ikan asin, 1 1/2 sendok gula aren, dan air secukupnya.

Kemudian untuk buahnya sendiri bervariasi, bisa berupa campuran buah semangka, nanas, timun, bengkuang, belimbing, dan lain sebagainya sesuai selera.

Langkah untuk membuat bumbunya adalah, ambil garam, gula, cabe, asam, terasi dan petis ikan. Letakkan di cobek yang sudah dibersihkan. Haluskan bahan-bahan tersebut sampai benar-benar halus. Kemudian tambahkan gula aren dan air secukupnya.

Cuci bersih semua buah, kemudian potong kecil sesuai selera, kemudian hidangkan waktu masih dalam kondisi segar. Wah, yummy banget pasti.

5. Mendol Tempe
 

Mendol Tempe


Mendol tempe juga menjadi salah satu makanan khas yang sangat sayang dilewatkan saat di Malang. 

Menu yang satu ini tergolong sebagai olahan rumahan. 

Sehingga, akan sangat mudah bagi kalian untuk memasaknya sendiri di rumah.

Berikut ini cara membuat mendol tempe dilansir dari selera rasa. 

Pertama, terkait bahan yang harus dipersiapkan adalah 300 gram tempe, 500 gram minyak untuk menggoreng, 1/4 sendok teh gula pasir, 2 lembar daun jeruk dan iris halus, 1 sendok makan daun bawang iris halus, dan 1 sendok teh garam.

Bumbu yang dihaluskan adalah 3 butir bawang merah, 2 cm kencur, 1/4 sendok teh ketumbar, 2 siung bawang putih.

Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah potong tempe dengan ukuran yang lebih kecil dan masukkan dalam wadah. Lalu hancurkan tempe tersebut secara merata.

Selanjutnya, campur bahan pelengkap seperti daun bawang yang sudah diiris dengan halus dan merata. Lalu aduk dengan merata semua bahan tersebut sampai adonan tercampur merata.

Baru setelah itu, masukkan daun jeruk dan bumbui adonan dengan menggunakan gula pasir dan juga garam. Lalu aduk dengan merata sampai garam dan gula tercampur bersama dengan adonan.

Selanjutnya, tuangkan bumbu halus dan aduk-aduk kembali hingga semuanya tercampur merata dan teraduk bersama dengan bahan-bahan yang anda masukkan sebelumnya.

Bila adonan sudah tercampur merata maka ambil sedikit adonan, bentuk dengan pipih lalu kemudian sisihkan dalam sebuah wadah dialasi dengan menggunakan plastik agar tidak lengket.

Ulangi langkah ini sampai adonan habis tercetak semua. Baru kemudian siapkan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng, lalu digoreng.

Nah, itu sedikit tips dan olahan khas Malang yang bisa disajikan saat menikmati lebaran di rumah saja. Selamat menikmati dan selamat mencoba.