Permainan catur yang bermanfaat untuk otak (Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
Permainan catur yang bermanfaat untuk otak (Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir, saat ini membuat masyarakat Indonesia tak bisa mudik ke kampung halaman merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga. Hal ini setelah pemerintah mengeluarkan larangan mudik, sehingga masyarakat hanya bisa bersilaturahmi melalui video call.

Nah untuk menghilangkan kejenuhan dan mengisi lebaran di rumah saja selain bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman melalui video call, nampaknya bermain catur dengan keluarga di rumah 
juga menjadi kegiatan positif yang banyak mempunyai manfaat.

Baca Juga : Rencana Latihan Setelah Lebaran, Charis: Lihat Kondisi Dulu

Selain bisa mengisi kegiatan luang libur lebaran, permainan catur juga memiliki manfaat pada perkembangan otak manusia. Dilansir dari Healthfitnessrevolutiondotcom, permaianna catur mempunyai 10 manfaat yang begitu positif.

Pertama, permainan catur dapat menumbuhkembangkan otak menjadi lebih baik, dimana dalam penyusunan strategi pada permainan catur akan membuat otak terbiasa berfikir dengan matang.

Kedua, permainan catur dapat melatih kedua sisi otak. Hal itu bahkan sempat dibenarkan peneliti dari Jerman. Para pemain catur, kedua sisi otaknya akan sangat aktif saat melakukan identifikasi posisi buah catur dalam posisi geometris.

Ketiga, memperkuat daya ingat. Para pemain catur tentunya memiliki daya ingat yang bagus. Dengan permainannya yang rumit, membutuhkan konsentrasi penuh. Dengan sering bermain catur, hal itu terbiasa melatih konsentrasi dan daya ingat otak.  

Keempat, pada 1991, Dr Stuart Margulies, melakukan penelitian terhadap 53 siswa yang ikut dalam program permainan catur. Para siswa tersebut memang terbukti memiliki kemampuan membaca lebih baik dibandingkan dengan yang lainnya.

Kelima, meningkatkan IQ otak. Di Venezuela, sebuah penelitian ilmiah dengan 4000 perserta yang merupakan pelajar, IQ nya naik setelah empat bulan terbiasa main catur.

Keenam, kemampuan perencanaan otak, semakin terasah. Pemikiran yang kritis dan strategi matang yang harus dilakukan dalam permainan catur, membuat bagian otak semakin berkembang.

Ketujuh, bermain catur dapat meningkatkan kreativitas. Strategi bermain catur, merupakan bagian kreativitas pemikiran otak. Karenaya hal itu dapat merangsang pertumbuhan otak kanan.

Baca Juga : Liga 1 2020 Dimulai Akhir Bulan Ini, Arema FC Masih Otak-atik Skuad

Kedelapan, otak terhindar dari pikun. Bertambahnya usia manusia, seringkali membuat orang menurun daya ingat otaknya. Namun dengan bermain catur, menjadi salah satu upaya bagus dalam mencegah pikun. Hal ini memang terbukti dengan penelitian yang dimuat di The New England Journal of Medicine menyebut lansia berusia di atas75 tahun yang biasa bermain catur lebih kecil kemungkinan menjadi pikun.

Kesembilan, kelihaian dalam menghadapi atau memecahkan masalah lebih baik. Penelitian di New Brunswick terhadap 450 pelajar yang brain catur, memang lebih lihai dalam pemecahan masalah.

Terakhir, mempercepat proses penyembuhan stroke. Permainan ini sangat baik untuk memperbaiki kemampuan motorik orang yang terkena stroke.