Kepala Satpol PP Kota Malang, Priyadi
Kepala Satpol PP Kota Malang, Priyadi

MALANGTIMES - Selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Malang Raya, jam malam telah diberlakukan. Di Kota Malang sendiri, jam malam berlaku sejak pukul 21.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB. Selama jam malam, semua aktivitas di jalan dan pertokoan serta tempat makan harus ditutup.

Kepala Satpol PP Kota Malang Priyadi menyampaikan, selama pemberlakuan jam malam, petugas gabungan dari Polresta Malang Kota beserta TNI dan Satpol PP Kota Malang akan melakukan patroli secara rutin. Ketika ditemui terdapat tempat usaha atau warung, maka akan dilakukan penindakan sesuai dengan aturan yang tertera dalam peraturan wali kota Malang tentang PSBB.

Baca Juga : PSBB, Sejumlah Kendaraan Masuk Kota Batu Diminta Putar Balik, Jalan Protokol Nampak Sepi

"Setiap malam kami patroli. Saat ini masih masa teguran. Tapi pada hari keempat nanti sudah masuk masa penindakan," ujar Priyadi.

Selama masa teguran,  para pelaku usaha yang masih membandel dan melanggar aturan jam malam akan ditegur secara lisan. Jika masih tetap membandel, akan ditegur secara tertulis. Namun apabila tetap tak mengindahkan aturan PSBB, maka izin usaha akan dicabut selama PSBB berlangsung.

"Karena semua unsur harus terlibat menyukseskan upaya pencegahan persebaran covid-19 ini," tegas pria berkacamata itu.

Bukan hanya untuk pelaku usaha yang tak mematuhi aturan jam malam. Sanksi tegas juga diberlakukan bagi pengusaha yang melanggar aturan selama PSBB. Di antaranya pengusaha rumah makan yang memberi layanan makan di tempat.

"Karena memang dalam aturannya harus take away. Jika ada yang menyediakan kursi dan meja, akan kami sita. Sesuai tahapan, sanksi akan diberlakukan demikian," jelas mantan camat Blimbing itu.

Baca Juga : PSBB Malang Raya, Belasan Kendaraan Diminta Putar Balik, Banyak Angkutan Over Kapasitas

Bukan hanya itu. Pada hari kedua pelaksanaan PSBB Malang Raya,  telah ditutup beberapa pusat perbelanjaan yang telah menyalahi aturan. Salah satunya adalah penutupan Mal Ramayana yang sejak hari pertama PSBB kemarin masih tetap buka.