Otoritas Jasa Keuangan (istimewa)
Otoritas Jasa Keuangan (istimewa)

MALANGTIMES - br>Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang berharap kepada pelaku usaha tetap bisa bertahan meski diterpa pandemi Covid-19. Hal itu karena kondisi keuangan di masa sulit seperti ini bisa dipecahkan dengan membuka peluang berbisnis yang semakin maju.

Perputaran roda ekonomi di masa pandemi Covid-19 akan sangat terasa, terlebih bagi para pelaku usaha yang masih menggantungkan hasil jualannya untuk mendapatkan keuntungan.

Baca Juga : Kadin Mart Akan Dibangun, Diskopindag Kota Malang Dukung Penuh

Namun, anjuran pemerintah untuk tetap berada di rumah membuat sejumlah pelaku usaha harus menerima kenyataan bahwa daya beli masyarakat cukup menurun.

Karena itu Kepala OJK Malang, Sugiarto Kasmuri memberikan suatu wawasan agar para pelaku usaha tetap bisa survive di tengah pandemi Covid-19 yang saat ini sedang mendera Indonesia.

"Saya mengambil analogi bahwa seorang yang berlayar, kita tidak bisa mengendalikan angin dan ombak, tapi perahu. Dari pandemi ini kita belajar dari efesiensi dan apa yang kita punya," ucap Sugiarto.

Disinggung lebih detail mengenai ucapannya tersebut, Sugiarto Kasmuri mengatakan bahwa seseorang harus memiliki pemikiran yang luas meski sedang diterpa suatu permasalahan.

"Bisa dilakukan seperti ada market place, E-commerce, ini membuka sisi positif juga, kita jadi mengarah ke teknologi," sambungnya.

Bahkan, Sugiarto mengaku pelaku usaha harus bisa melakukan hal baru meski persaingan bisnis saat ini sangatlah ketat. Hal itu karena daya beli masyarakat dipengaruhi dengan apa inovasi baru yang dipunyai oleh penjual produk.

Baca Juga : Investasi yang Satu Ini Terbukti Ampuh Hadapi Krisis Usaha Selama Pandemi Covid-19

"Pelaku usaha di tengah pandemi ini kita harus tetap optimis, dan mencari inovasi-inovasi baru yang kita jadikan kekuatan saat ini," kata Sugiarto.

Di sisi lain, Malang Raya yang saat ini menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) justru dikatakan Sugiarto harus didukung penuh. Hal itu karena efeknya nanti akan kembali kepada keberlangsungan hidup masyarakat.

Alasannya jika PSBB telah berhasil, tentunya angka penyebaran Covid-19 semakin berkurang sehingga nantinya setelah itu tidak ada lagi penutupan akses dan pelaku usaha bisa melanjutkan karya yang dimilikinya.

"Tetap semangat, tetap optimis, menjaga kesehatan, kita sukseskan PSBB di Kota Malang," pungkasnya.