Ini Dia, Manusia Terakhir yang Akan Memasuki Surga

May 07, 2020 08:06
Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Dalam hadits yang diriwayatkan Abdullah bin Mas'ud, Rasulullah SAW pernah berkisah, pada masanya nanti akan ada seseorang yang menjadi manusia terakhir untuk memasuki pintu surga.

Baca Juga : Mengulik Kisah Nabi Muhammad SAW Berikan Mahar Senilai Rp 1 Miliar saat Nikahi Khadijah

Dia adalah seorang laki-laki yang berjalan merangkak setelah keluar dari neraka. 

Kemudian dia memohon kepada Allah SWT untuk bisa memasuki surga setelah mendengarkan kebahagiaan dari para penghuni surga yang kekal dan abadi.

"Sesungguhnya aku tahu siapa hamba yang paling terakhir dikeluarkan dari neraka dan paling terakhir masuk surga. Yaitu seorang laki-laki yang keluar dari neraka dengan merangkak," kata Rasulullah SAW.

Dalam hadits yang diriwayatkan Abdullah bin Mas'ud tersebut, Rasulullah SAW pun melanjutkan kisahnya. 

Disebutkan jika Rasulullah SAW mengatakan jika saat melihat laki-laki tersebut, Allah SWT berfirman, "Pergilah engkau lalu masuklah engkau ke dalam surga,".

Lalu laki-laki itu memasuki surga dan membayangkan jika surga telah penuh. 

Kemudian dia berkata, "Wahai Rabbku, aku mendatangi surga tapi sepertinya sudah penuh,".

Lalu Allah kembali berfirman, "Pergilah engkau dan masuki ke surga,". 

Laki-laki itu kembali memasuki surga dan lagi-lagi ia membayangkan jika surga telah penuh dan kembali berkata hal yang sama kepada Allah SWT.

Kemudian Allah SWT berfirman, "Pergilah engkau dan masuklah ke surga. Karena untukmu surga seperti dunia dan 10 kali lipat darinya,".

Laki-laki itu pun berkata, "Apakah Engkau mengolok-olokku atau memertawakan aku. sedangkan Engkau adalah Rabbul ‘alamin,".

Baca Juga : Profesor UIN Malang: Hukum di Dunia ini Sebenarnya Hanya Satu yaitu Hukum Allah

Saat mengkisahkan tentang penghuni terakhir surga itu, Ibnu Mas'ud pun mengkisahkan jika Rasulullah SAW saat itu tertawa terbahak-bahak. 

Hingga membuat gigi geraham Rasulullah SAW terlihat.

Lalu Rasulullah berkata, "Itulah penghuni surga yang paling rendah derajatnya,".

Kemudian para sahabat pun bertanya, mengapa Rasulullah SAW tertawa dengan kisah tersebut. 

Rasulullah SAW pun berkata, "Disebabkan tertawanya Rabbul ‘alamin tatkala orang itu berkata, ‘Apakah Engkau mengejekku, sedangkan Engkau adalah Rabbul ‘alamin?’. 

Lalu Allah berfirman, ‘Aku tidak sedang mengejekmu. Akan tetapi Aku Mahakuasa melakukan segala sesuatu yang Kukehendaki.’.” (HR. Bukhari dan Muslim, lihat Syarah Muslim [2/314-315])

Sesungguhnya, surga tak akan penuh karena luasnya sangat lapang. 

Ada alasan mengapa Allah berbuat demikian karena Allah bersenda gurau dan lantaran hamba Allah tersebut memiliki amalan ibadah yang kecil.

 

Topik
MalangBerita MalangBerita Hari IniRamadhan 1441 HHadist Abdullah bin MasudRasulullah SAW BerkisahManusia Terakhir yang Akan Memasuki Surga

Berita Lainnya

Berita

Terbaru