5 Rekomendasi Kajian Agama Virtual, Bikin Ramadan di Rumah Aja Makin Berkualitas

May 03, 2020 07:50
Ilustrasi ramadan. (Foto: Getty Images/AleksandarGeorgiev)
Ilustrasi ramadan. (Foto: Getty Images/AleksandarGeorgiev)

MALANGTIMES - Bulan Ramadan di tengah pandemi Covid-19, mengharuskan masyarakat muslim di seluruh dunia untuk beraktivitas di rumah saja.

Baca Juga : Kategori Benar sampai Tingkat Kesadaran, Kiai-Kiai UIN Malang Beber Hakikat Puasa

Suasana salat tarawih di masjid diganti dengan beribadah di rumah. 

Bahkan kegiatan khas yang identik dengan bulan Ramadan seperti ngabuburit dan bukber (buka bersama) dengan teman-teman mau tidak mau harus diurungkan sejenak. 

Hal ini sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang hingga kini masih terus meluas. 

Namun, meski di rumah saja bukan berarti aktivitas peribadahan tidak produktif lho. 

Ada banyak cara agar bisa memanfaatkan momen ini untuk menambah kualitas diri. 

Apalagi, di bulan penuh keberkahan ini menjadikan setiap ibadah bernilai pahala yang luar biasa. 

Nah, salah satunya kamu bisa belajar agama dengan asik tanpa terkesan monoton ataupun menggurui.

Untuk menunjang belajar tentang Islam lebih asik, deretan akun dakwah kekinian di sosial media bisa jadi pilihanmu, apa saja?

1. Kajian Islam



Kalian akan ditunjukkan berbagai hukum-hukum Islam, nasihat, hingga kisah nabi yang inspiratif.

Di bulan Ramadan ini, ada beberapa konten Islam di akun instagram @kajianislamchannel, membahas mengenai ajakan untuk memaksimalkan ibadah. 

Baca Juga : Masyarakat Tetap Gelar Salat Tarawih, Ini Kata Takmir Masjid An-Nur Kota Batu

Salah satunya, dengan berdoa. Doa-doa yang mudah diikuti juga dapat disimak di akun ini.

2. Dakwah Visual



Meski berisi dakwah islami, namun pengemasan konten dengan beragam ilustrasi ini menarik untuk diikuti. Melalui akun instagram @dakwahvisual.co, kalian akan diajak belajar agama tentang keseharian.

Ilustrasi penunjang aktivitas keseharian, bakal lebih terasa seolah kalian sedang menerapkan ibadah sesuai dengan di foto tersebut. Bagaimana menikmati rasa syukur dalam aktivitas meski di rumah saja.

3. Quranreview

Sesuai dengan namanya, akun instagram @quranreview sudah pasti membahas isi dari ayat-ayat Al-Quran. Yang membuat menarik, pembahasannya selalu berkaitan dengan kondisi saat ini.

Seperti perihal ramadan berbeda di tahun ini, kemasan bahasanya dibuat santai. Yang seolah mengajarkan kita untuk bersabar, terdapat juga kalimat motivasi yang bisa menenangkan hati.

4. Qooonit



Dalam postingan instagram @qooonit, membahas juga tentang pandangan Islam sesuai isu yang sedang berkembang saat ini. Di antaranya, kisah-kisah zaman Rasulullah serta nilai kebaikan.

Pembahasan soal ramadan dalam pandemi dibuat dengan konten yang nggak berat dan mudah dipahami. "Pandemi memang membuat kesibukan dunia berhenti, tapi semarak keimanan dalam hati tak boleh mati," tulisan di salah satu caption.

5. Fiqihwanita_



Nggak jauh berbeda dengan dakwah-dakwah sosial media sebelumnya. Akun instagram @fiqihwanita_  juga dikemas dengan bahasa yang ringan.

Berbagai nasihat dari hadits-hadist akan membuatmu belajar makna islam yang sesungguhnya.

Di tengah pandemi Covid-19 ini misalnya, kita dianjurkan untuk hidup bersih dan sehat salah satunya dengan rutin mencuci tangan. Nah, ada satu bahasan menarik mengenai cuci tangan.

Yang mana, hal itu rupanya juga selalu dilakulan Rasulullah saat akan dan sesudah beraktivitas lho. Ternyata, mencuci tangan itu hukumnya sunnah, kalian diajak untuk jangan lagi malas mencuci tangan ya.

Topik
MalangBerita Malangberita malang hari iniKajian Agama VirtualRekomendasi Kajian AgamaRamadan di Rumah AjaPandemi Covid 19
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru