Kartu prakerja. (Foto: prakerja.go.id/)
Kartu prakerja. (Foto: prakerja.go.id/)

MALANGTIMES - Pendaftaran kartu prakerja sudah dibuka sejak Sabtu (11/4/2020).  Untuk menjadi peserta kartu prakerja, bisa dilakukan dengan mendaftar online melalui www.prakerja.go.id.  

Peserta yang sudah mendaftar dan menjadi anggota akan menerima bantuan uang  Rp 3.550.000.  Uang tersebut digunakan sebagai biaya pelatihan dan insentif.  

Baca Juga : Desainer Anne Avantie Produksi Baju Alat Pelindung Diri, Dibagikan Gratis untuk Tenaga Medis

Jika ingin menjadi anggota kartu prakerja, mereka harus warga negara Indonesia (WNI) dengan usia minimal 18 tahun dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal.

Dilansir melalui prakerja.go.id, program tersebut diprioritaskan untuk pengangguran muda.  Kartu prakerja merupakan program yang disiapkan Presiden Jokowi untuk memprioritaskan pengangguran muda.  

Berikut tiga tahapan untuk melakukan pendaftaran kartu prakerja: 

1. Membuat akun prakerja ( cara daftar kartu prakerja).  
- Masuk ke situs www.prakerja.go.id ( www.prakerja.go.id daftar).  
- Masukan nama lengkap, alamat email, dan kata sandi baru. 
- Cek email dari kartu prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun email.  
- Setelah konfirmasi akun email berhasil, kembali ke situs prakerja. 


2. Isi data diri  
- Masuk ke akun dengan alamat email dan kata sandi yang baru dibuat.
- Masukan nomor KTP dan tanggal lahir, lalu klik "Berikutnya".  
- Isi data diri dengan lengkap formulir kartu prakerja (nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, dan foto selfie dengan KTP), lalu klik "Berikutnya". 
- Masukan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.


3. Ikuti tes  
- Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit. Siapkan alat tulis dan kertas bila perlu. 
- Tunggu email pemberitahuan dari Kartu Prakerja setelah menyelesaikan tes. 
- Setelah mendapatkan email pemberitahuan, kembali ke situs, dan gabung ke gelombang pendaftaran.  

Setelah tahap tersebut selesai, pendaftar tinggal menunggu notifikasi apakah diterima atau tidak sebagai peserta kartu prakerja 2020.  

Lantas apa saja pelatihan yang akan didapatkan dari peserta kartu prakerja 2020? 

Berikut delapan lembaga pelatihan gratis yang nantinya akan didapatkan para peserta: 

1. Tokopedia 

Situs belanja online Tokopedia merupakan salah satu platform yang bekerja sama dengan pemerintah sebagai penyedia pelatihan. 

Sejumlah pelatihan bisa dinikmati pemilik kartu prakerja mulai dari pelatihan bahasa, kecantikan, bisnis. IT dan data, finansial hingga fotografi. 

Nantinya pemilik kartu prakerja akan menjalani pelatihan secara online. 

2. Bukalapak 

Bukalapak juga mitra pemerintah sebagai penyedia pelatihan online.  Nantinya Bukalapak menyediakan berbagai kupon untuk pelatihan online.  Kupon-kupon tersebut nantinya dapat diklaim oleh pemilik kartu prakerja. 

Adapun sejumlah kupon tersebut ialah kupon arkedemi, kupon inspio premium, kupon finansialku. Juga kupon Tempo Institute, kupon sertifikat IndonesiaX, kupon Algoritma, dan kupon Marketeers. 

3. Kemenaker 

Baca Juga : 2 Situs Dewasa Masuk Daftar 10 Website Terpopuler di Dunia

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) juga menyediakan layanan pelatihan secara online maupun offline (tatap muka).  Terdapat 1.104 lembaga penyedia pelatihan kerja dengan 2.055 jenis pelatihan. 

4. Skill Academy 

Selanjutnya ada Skill Academy yang menyediakan puluhan kelas online yang bisa dipilih oleh pencari kerja. Nantinya, peserta pelatihan akan dilatih oleh ahlinya dan peserta juga mendapatan sertifikat. 

Pelatihan kerja yang diberikan di antaranya pelatihan ojek online, tetap menghasilkan uang di masa vorona, teknik dapat pekerjaan cepat hingga kelas investasi. 

5. Pinteria 

Pemerintah telah menggandeng Pinteria sebagai penyedia pelatihan bagi pemilik kartu prakerja. 

Pelatihan yang bisa diikuti yakni bahasa, industri kreatif, marketing, bisnis, kulinari, sales, kecantikan, perhotelan, komunikasi dan teknologi. 

Pintaria menggandeng sejumlah lembaga. Di antaranya Algoritma, Bina Mutu Bangsa, Cakap, Dattabot, DynEd, EF, ET, EZtudia, ITC, KVB dan London School od Public Relations. 

6. MauBelajarApa 

Platform lainnya yakni MauBelajarApa. Pelatihan yang tersedia yakni bisnis, kecantikan, IT, media, art, masak hingga cara membuat kopi. 

7. Sekolah.mu 

Pemilik kartu prakerja juga bisa mendapatkan pelatihan melalui Sekolah.mu. Lebih dari 150 tempat belajar yang tergabung dengan platform ini serta lebih dari 800 program, 260 sekolah, dan 100 korporasi. 

Sekolah.mu menggunakan kurikulum aplikatif sesuai dengan kebutuhan kerja bersama dengan para pemimpin perusahaan. 

8. Pijar 

Mitra lainnya yang digandeng pemerintah untuk memberikan pelatihan yakni Pijar. Di Pijar, peserta bisa memilih lembaga pelatihan yang ada, seperti Bahaso, Telkom Prima Cipta Certifia, Tempo Institute, G2 Academy, DoLab.