Anne Avantie, desainer ternama Indonesia yang memproduksi baju alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis secara gratis. (Foto: Istimewa)
Anne Avantie, desainer ternama Indonesia yang memproduksi baju alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis secara gratis. (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Jumlah pasien positif virus corona atau covid-19 semakin banyak setiap hari di Indonesia. Hingga kemarin (25/3/2020), tercatat pasien positif virus corona berjumlah 790 pasien dan telah menyebar di 24 provinsi di Indonesia. 

Di tengah pandemi itu pula, banyak public figure, artis, pengusaha, desainer, dan lain-lain yang turut serta membantu perjuangan dalam penanganan virus corona. 

Salah satunya dari desainer ternama Indonesia Anne Avantie. Melalui Yayasan Anne Avantie, dia mendesain dan memproduksi baju alat pelindung diri (APD) untuk para tenaga medis. 

Dalam akun Instagram resminya, @anneavantieheart,  dia mengunggah video pesan-pesannya serta pembuatan baju APD.

Anne menekankan bahwa baju APD yang dibuat tidak untuk dijual, namun akan disumbangkan secara gratis ke rumah sakit yang membutuhkan.

"Saya tidak menjual tetapi menyumbangkan dengan segala kererbatasan sarana untuk memproduksi baju APD bagi pahlawan kemanusiaan yang mempertaruhkan nyawa untuk orang lain dengan bertarung melawan wabah corona," tulisnya  di akun Instagram, Kamis (26/3/2020).



Anne juga menuliskan, dirinya bukan pabrik yang akan memproduksi masal baju APD dengan jumlah yang tak terbatas. Sebab, pengerjaannya juga masih dengan mesin jahit manual.

"Dengan segala keterbatasan sarana yang ada untuk memproduksi baju APD, yang dikerjakan secara manual dan saya juga bukan pabrik, maka semaksimal mungkin saya upayakan dalam jumlah terbatas," tulisnya.

Pihak rumah sakit bisa mengajukan surat resmi kepada Yayasan Anne Avantie untuk mendapatkan baju APD ecara gratis untuk disalurkan kepada tenaga medis yang membutuhkan.

Caranya, mengirimkan permohonan kebutuhan baju APD dan surat resmi dari rumah sakit ke alamat email : anneavantie@yahoo.com. Dalam permohonannya, Anne  tidak menerima perseorangan. Apalagi untuk diperjualbelikan. Pemohon juga dapat menghubungi nomor kontak atas nama Asmanah dengan nomor 081389373939.

Anne  juga berharap para pengusaha garmen atau penjahit dapat turut serta menyumbang yang dimiliki untuk bersama-sama melawan virus corona.

"Saya berharap apa yang sudah saya lakukan bisa dicontoh penjahit-penjahit lain, garmen setempat. Karena saya tidak dapat berjalan sendiri dengan kererbatasan yang saya miliki," ungkap  Anne.