Hamzat suit tema Teletubbies. (Foto: istimewa)
Hamzat suit tema Teletubbies. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Seiring dengan semakin meluasnya kasus Covid-19 ke berbagai negara di dunia, kebutuhan yang diperlukan oleh tenaga medis pun semakin tinggi.

Sayangnya, keluhan akan kurangnya jumlah alat pelindung diri bagi tenaga medis masih terjadi. Kondisi tenaga medis saat ini sebagai penanganan pasien Covid-19 bagaikan pemimpin perang tanpa memiliki alat tempur yang memadai. 

Baca Juga : Akhir Kisah Sahabat Rasulullah yang Mengatakan Zakat Adalah Pungli

APD (Alat Pelindung Diri) yang menjadi alat tempur utama bagi petugas medis terbilang susah dicari atau langka. Masker penutup wajah, hand sanitizer, hingga hazmat suit sangat diperlukan bagi mereka yang berdiri di garda terdepan merawat pasien Covid-19.

Bahkan hal tersebut bukan hanya terjadi di Indonesia, namun juga di berbagai negara lain kelangkaan APD sama dirasakannya oleh petugas medis.

Adrian Pe, seorang desainer yang juga bekerja sebagai perawat di Filipina tergerak untuk membuat hazmat suit bagi petugas kesehatan. Menariknya, ia membuat baju pelindung diri ini dengan berbagai tema film. 

Hazmat suit buatannya ini lebih berwarna warni, ia terinspirasi tokoh-tokoh dari Teletubbies, Star Wars, hingga Power Rangers. Yang kemudian diberikan untuk para staf medis di The Medical City Iloilo. 

Dari beberapa hazmat suit yang diunggah di laman instagram pribadinya @senoritoaidz, ia mengharapkan apa yang dibuatnya bisa membuat petugas medis merasakan keindahan dan semangat dalam menjalankan tugasnya untuk merawat pasien Covid-19. 

Baca Juga : Pengantin 'Masker', Anak Kapolsek Beji Menyambut Hari Bahagia di Tengah Pandemi Covid-19

"Hazmat Suit bertema teletubbies untuk para Frontliner kita. Saya banyak bekerja di rumah sakit dan pekerjaan di sana melelahkan. Dan saya selalu belajar sendiri untuk mencari keindahan di dalamnya, untuk melihat keindahan di wajah para pasien dan untuk bersyukur," urainya. 

"Dan saya akan membawa ini aspek sebagai perawat perancang busana, untuk melihat situasi dengan SILVER LINING. Dan untuk menilai di mana saya bisa memberikan sesuatu, dan jika saya bisa mengajarkan kepada orang untuk bersyukur, kita dapat memiliki dunia yang luar biasa di mana #COVID19 tidak bisa tumbuh dan berkembang, dan anak-anak akan tersenyum," tulisnya. 

Dalam postingan lainnya, seperti pada warna yang mirip dengan super hero Power Rangers, ia juga ingin setiap petugas medis yang memakai hamzat suit buatannya merasa percaya diri dalam menghadapi peperangan. Ya, perang melawan Covid-19 tentunya. 

"Tujuan saya adalah agar setiap anggota tim perawatan kesehatan merasa percaya diri daripada takut ketika mereka masuk ke medan perang setiap hari. Pink Ranger pernah berkata, 'Kita tidak bisa mengubah masa lalu tetapi kita bisa bekerja untuk masa depan yang lebih baik'. Saya berharap hazmat suit ini memberdayakan semua orang, perawat dan pasien. Sudah waktunya morphin!" ungkapnya.