Kondisi salah satu rumah warga di Singosari yang rusak akibat diterjang angin kencang (Foto: istimewa)
Kondisi salah satu rumah warga di Singosari yang rusak akibat diterjang angin kencang (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Tingginya curah hujan yang disertai dengan hembusan angin kencang mengamuk di beberapa wilayah di Kabupaten Malang. Selain merusak 121 rumah warga, 5 bangunan fasilitas umum, juga menumbangkan beberapa pohon di Kecamatan Jabung, Senin (6/4/2020).

Di saat yang nyaris bersamaan, musibah serupa juga terjadi di Desa Wonorejo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. ”Sebanyak 6 rumah warga rusak akibat diterjang angin kencang,” kata Kapolsek Singosari, AKP Farid Fatoni, Selasa (7/4/2020).

Baca Juga : Balada Susilo: Hidup di Gigir Kemiskinan Tanpa Jaring Sosial Pemerintah

Dijelaskan Farid, sebanyak 6 rumah warga yang terdampak tersebut kebanyakan mengalami kerusakan di bagian atapnya. Dimana, genteng rumah para warga berjatuhan dan sebagian ada yang roboh karena diterjang angin kencang.

”Tidak ada korban jiwa, kerugian ditaksir mencapai Rp 5 juta,” kata Farid yang juga pernah menjabat sebagai Kasubag Humas Polres Malang ini.

Diperoleh keterangan, hujan dengan intensias tinggi tersebut terjadi di Kecamatan Singosari sejak siang hari. Menjelang sore, tepatnya sekitar pukul 14.45 WIB hujan dengan intensitas tinggi itu memicu terjadinya hembusan angin kencang yang mengakibatkan 6 rumah warga terdampak bencana.

”Sesaat setelah kejadian, petugas gabungan langsung dikerahkan ke lokasi kejadian untuk kerja bakti sekaligus mengevakuasi rumah warga yang rusak akibat diterjang angin kencang,” terang Kapolsek Singosari.

Terpisah, Camat Singosari Bagus Sulistyawan, menuturkan jika selain jajaran Muspika dan perangkat desa setempat, petugas gabungan dari Polsek dan Koramil Singosari, PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Malang, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), serta petugas medis langsung dikerahkan ke lokasi kejadian sesaat setelah musibah terjadi.

”Hujan lebat disertai angin kencang di Singosari ini dampaknya tidak terlalu parah seperti di Kecamatan Jabung. Hari ini atap rumah warga yang terdampak musibah sudah berhasil dibenahi,” tutup Camat Singosari, Selasa (7/4/2020).

Baca Juga : Enam Gunung Erupsi Nyaris Bersamaan karena Cari Kestabilan Baru

Sebagai informasi, pada hari Senin (6/4/2020) selain menerjang beberapa rumah warga di Kecamatan Singosari, musibah serupa juga terjadi di Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.

Tercatat ada 121 rumah warga, dua tempat ibadah yakni masjid dan musala, bangunan panti asuhan, pondok pesantren, serta sekolah MI (Madrasah ibtidaiyah) di Kecamatan Jabung yang rusak akibat diterjang angin kencang.

”Rusaknya rumah warga serta bangunan fasilitas umum itu, juga disebabkan karena tertimpa pohon yang tumbang akibat dierjang angin kencang. Dari pendataan sementara, kerugian ditaksir mencapai lebih dari Rp 60 juta,” ujar Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang, Mudji Utomo.