Aksi Hipakad Kota Malang dan IMF putus rantai persebaran covid-19 (Istimewa).
Aksi Hipakad Kota Malang dan IMF putus rantai persebaran covid-19 (Istimewa).

MALANGTIMES - Putus rantai covid-19, Himpunan Putera-Puteri Angkatan Darat (Hipakad) Kota Malang bagi-bagi Alat Pelindung Diri (APD) hingga disinfektan kepada masyarakat yang membutuhkan. Aksi sosial yang juga didukung Info Malang Raya (IMF) itu digelar pada Senin (6/4/2020) di Jl. Sriwijaya No. 1 - 9 Kec. Klojen Kota Malang.

Wakil Ketua Hipakad Kota Malang, Laily Fitria Lizya Min Nelly menyampaikan, gerakan sosial bertajuk Posko Malang Basmi Corona tersebut sudah digelar sejak beberapa hari terakhir. Sasarannya adalah masyarakat dengan pemukiman kumuh dan tergolong membutuhkan di Malang Raya.

Baca Juga : Sehari 9 Korban Covid-19 di Surabaya Meninggal, Gubernur Minta Contoh Magetan Tekan Kasus

"Sebelumnya kami sudah bergerak di Kabupaten Malang, dan hari ini di Kota Malang," katanya.

Perempuan berhijab itu menjelaskan, sebelum menggelar aksi, telah dilakukan pengumpulan donasi terlebih dulu. Hasik donasi tersebut kemudian diserahkan kepada masyarakat yang membutuhkan dalam bentuk APD, alat penyemprotan, hand sanitizer untuk mencuci tangan saat bepergian, sabun anti septic untuk cuci tangan di rumah, masker, dan disinfektan.

"Juga dibagikan vitamin untuk masyarakat," terangnya.

Gerakan tersebut juga ia harapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat. Terutama untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kebugaran tubuh. Sehingga, masyarakat dapat terhindar dari persebaran covid-19.

Dia juga menyarankan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan. Diantaranya adalah mencuci tangan dengan air mengalir saat akan dan selesai beraktifitas. Kemudian untuk sementara waktu tidak bepergian ke luar rumah, kecuali untuk kepentingan yang sangat mendesak.

Baca Juga : Pasien Positif Covid-19 Meningkat, Polres Malang Ancam Warga yang Tolak Pemakamannya

"Semoga pandemi covid-19 ini segera berlalu dan kembali normal," tambah Nelly.

Sebagai indormasi, turut hadir dalam kegiatan tersbut adalah Danrem 083/Baladhika Jaya Kol. Inf. Zainuddin, Kapolresta Malang Kota (mKombes  Leonardus Harapantua Simarmata  Permata, S. Sos, S.I.K, M.H, Dan Yon Bekang divisi 2 Kostrad Letkol Cba Firmanuddin L.

Kemudian turut hadir Kasdim 0833/Kota Malang Mayor Arh Heru S, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Hipakad Malang Raya, Afan Ari Kartika, Wakil Ketua Hipakad Kota Malang Agus Sugiarto), dan Ketua IMR (Info Malang Raya) Rudi.