Polresta Malang Kota saat memberikan bantuan APD dan makanan tamabahan untuk tim medis di RSSA (Ist)
Polresta Malang Kota saat memberikan bantuan APD dan makanan tamabahan untuk tim medis di RSSA (Ist)

MALANGTIMES - Sore ini di tengah rintik hujan, personel Polresta Malang Kota menaiki dua truk menuju Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA).  Kedatangan mereka bukan untuk melakukan razia namun untuk mengantarkan box-box besar yang berisi makanan suplemen tambahan dan bantuan alat kesehatan bagi para tim medis yang bergulat melakukan penanganan terhadap Covid 19.

Box-box tersebut berisi paket bantuan alat medis seperti 10 buah Baju Hazmat (Alat pelindung diri (APD) standart Covid 19), 2 buah Masker N95, 1 masker 3 ply (3 lapis), 2 Handhcoen, 4 Sepatu boot, 1 Faceshied, 1 Alcohol swab, 2 Handsanitizier dan 1 Alcohol 70 persen. Selain itu, juga terdapat vitamin dan susu untuk makanan tambahan bagi para tim medis agar tetap fit.

Baca Juga : Viral Video Warga Beri Semangat kepada Pasien Positif Covid-19

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata, menjelaskan bantuan tersebut memang ditujukan kepada tim medis yang saat ini memang menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid 19.

Terlebih lagi, bantuan ini tentunya akan sangat berguna mengingat saat ini alat-alat kesehatan seperti masker handsanitizer ataupun disinfektan menjadi barang istimewa yang banyak dicari oleh masyarakat.

"Dokter dan tim medis adalah garda terdepan. Ini kewajiban kita untuk membantu. Membantu keamanan dan keselamatan para dokter dan para tenaga kesetanan," terang Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarnata, di sela sela pemberian bantuan.

Selain di RSSA, pihak Polresta Malang Kota juga mengirimkan bantuan ke rumah sakit lainnya yang juga menangani pasien Covid-19, seperi RS Soepraoen, RS Lavallete dan RS RKZ.

"Termasuk warga sekitar hari ini (6/4/2020) akan kami bagikan sembako, khusunya bagi warga yang tak mampu dan benar-benar terdampak," terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penunjang Medik RSSA, Irfan Affandi mengatakan sangat berterima kasih akan bantuan APD. Sebab APD ini seperti sebuah benteng yang sangat dibutuhkan ketika para tim medis berperang melawan Covid 19.

Baca Juga : Mokong Keluyuran Malam Hari, Warga Jalani Rapid Test Covid-19 di Tempat

"Bayangkan saja jika berperang tidak ada senjata atau amunisi, apalagi dengan sesuatu yang kasat mata. APD ini ibarat amunisi, ibarat benteng ini sangat berarti," jelasnya.

Sambung Irfan, melihat penting nya APD, saat ini  bisa diibaratkan sebagai emas yang merupakan barang sangat berharga. Sebab selain banyak dicari oleh masyarakat, juga tergolong barang yang sulit dicari.

"Ketika kita punya uang pun, saat ini sulit untuk mencari APD. Makanya APD ini sangat berarti dan bisa dibilang sebagai emas. Kita terus terang dalam sisi lain masih terus mengadakan (APD). Tapi dari sisi bantuan juga terus mengalir dari berbagai pihak,"pungkasnya.