Bikin Baper, Lagu Aisyah Istri Rasulullah yang Viral Ternyata Bukan Cerita Aslinya

Apr 06, 2020 07:23
Status lagu Aisyah Istri Rasulullah yang tengah viral kini dipertanyakan musisi Anji
Status lagu Aisyah Istri Rasulullah yang tengah viral kini dipertanyakan musisi Anji

MALANGTIMES - Beberapa waktu terakhir, lagu Aisyah Istri Rasulullah cukup menarik perhatian. Pasalnya, lagu yang telah dicover beberapa musisi ternama itu viral dan menjadi trending selama beberapa hari. 

Bukan hanya oleh satu musisi saja, lebih dari 10 musisi yang menyanyikan ulang lagu tersebut berjejer di urutan tranding YouTube Indonesia.

Baca Juga : MUI Sebut Puasa Ramadan Bentengi Diri dari Covid-19, Imbau Ibadah di Rumah

Lantas siapakah sebenarnya musisi yang menciptakan lagu Aisyah Istri Rasulullah tersebut? Benarkah dari awal lagu tersebut memang diperuntukkan dan membahas tentang Aisyah, istri Rasulullah?

Dalam kanal YouTube-nya Dunia Manji, musisi kawakan Anji pun tak pelak dari rasa penasaran. Terutama dengan status dari lagu yang tengah trending tersebut. 

Dia membuat sebuah video dengan judul 'Lagu Cover yang dicover dan Menguasai Trending, Lagu Siapa Ini?'. Dalam kolom deskripsi, Anji pun menuliskan kalimat 'Ini hasil riset singkat saya'.

"Saya pikir lagu ini punyanya si Syakir Daulay. Karena dia menuliskan official music video. Tapi setelah saya lihat Sabyan sudah lebih dulu postingnya. Sabyan cover, dia (Syakir Daulay) official music video, oke ini menarik, nanti kita bahas lagi," kata Anji memulai video yang dia unggah pada 4 April 2020 tersebut.

Saat melihat unggahan video Syakir Daulay yang saat itu menempati trending nomor satu, Anji membuka deskripsi dari video tersebut. Dari deskripsi yang dia lihat, ia berpendapat jika lagu tersebut seolah milik Syakir Daulay.

Namun fakta lain dia dapat saat setelah melihat detail deskripsi cover lagu Sabyan. Di mana dalam deskripsi disebut jika original song lagu itu sebelumnya dibawakan oleh Projector Band. Lirik lagu tersebut kemudian diadaptasi oleh Hasbi Haji Muh Ali (Mr. Bee).

Saat mencari detail Projector Band, Anji menyampaikan jika ada fakta baru di balik lagu tersebut. Di mana lagu Projector Band berjudul 'Aisyah a.k.a Satu, Dua, Tiga Cinta Kamu'. 

Lagu tersebut memiliki cerita atau latar belakang yang berbeda dengan lagu 'Aisyah Istri Rasulullah' sepertu yang tengah viral saat ini.

Baca Juga : MUI Sebut Puasa Ramadan Bentengi Diri dari Covid-19, Imbau Ibadah di Rumah

"Jadi di lagu aslinya ini, Aisyah justru ceritanya tentang pasangan yang putus nyambung. Beda banget kan? Baru setelah itu Mr.Bee yang suka mengadaptasi lirik dari lagu-lagu orang lain, di Instagram merilis lagu Aisyah Istri Rasulullah. Dia menulis lagu asal Projector Band. Jadi ini di dedikasikan buat istrinya yang juga katanya namanya Aisyah," terang Anji.

Dia pun menyampaikan fakta menarik tentang Mr. Bee dalam pembahasan videonya tersebut. Dalam deskripsi video Mr. Bee yang dia bacakan, tercatat jika Mr. Bee sempat menyampaikan beberapa hal mengenai lirik dalam lagu Aisyah Istri Rasulullah tersebut.

Salah satunya untuk melakukan pembenahan pada lirik yang sebelumnya telah dia (Mr. Bee) adaptasi dari lagu sebelumnya oleh Projector Band. Lantaran jika terjadi salah persepsi akan berbahaya dengan alur cerita sebenarnya yang ada di dalam hadits.

"Tapi yang menarik ini Syakir Daulay yang menuliskan Official Music Video, yang seolah itu lagu dia. Saya sudah coba konfirmasi di Instagram dia, tapi mungkin memang banyak yang DM jadi dia belum baca," terangnya.

Anji pun berharap agar ke depan para musisi yang mengcover lagu untuk lebih jeli dn detail dalam menyertakan deskripsi video. Sehingga tidak memunculkan kerancuan baru. Terutama untuk mencantumkan nama asli dari pencipta lagu itu sendiri.

"Untuk teman-teman yang suka mengcover cobalah untuk lebih memperhatikan masalah penulisan jadi ketika coverannya naik, lagu aslinya juga naik membawa impact untuk lagu aslinya, membawa impact kepada artis aslinya. Karena selain untuk diri kamu sendiri ketika mengcover sebuah lagu seharusnya walaupun tidak ada aturan tertulis musisi aslinya juga mendapatkan impact-nya," pungkas mantan vocalis Drive ini.

Topik
MalangBerita MalangBerita Hari Initrending YouTube IndonesiaLagu Aisyah Istri RasulullahTernyata Bukan Cerita AslinyaCover lagu Aisyah Istri RasulullahProjector Band

Berita Lainnya

Berita

Terbaru