Mahasiswa Prodi TI Unikama saat melakukan workshop di SMK An Nur Bululawang (Ist)
Mahasiswa Prodi TI Unikama saat melakukan workshop di SMK An Nur Bululawang (Ist)

MALANGTIMES - Prodi (Program Studi) Teknik Informatika Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar workshop robotik di SMK An Nur Bululawang. Hal itu dilakukan untuk lebih mengenalkan Prodi TI Unikama di kalangan sekolah yang ada di pesantren yang saat ini semakin melek akan perkembangan teknologi.

Baca Juga : Belajar dari Rumah Lewat TVRI Mulai Hari Ini, Intip Jadwalnya Yuk!

Di sana, sebanyak 65 siswa SMK An Nur Bululawang antusis mengikuti workshop yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa Unikama yang membawa langsung contoh robot.

Para siswa juga telah banyak yang memahami bagian-bagian yang digunakan untuk robotik, seperti mikro, sensor dan bagian lainnya. Sehingga, dengan pahamnya siswa, workshop  tersebut berjalan aktif.

“Kami melihat bahwa di SMK tersebut terdapat jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) serta Multimedia. Selain itu, saat kunjungan ke pesantren ternyata juga ada jurusan Robotik. Melalui latar belakang itulah beberapa dosen dan perwakilan mahasiswa Teknik Informatika membawa robot dan didemokan di sana,” ungkap Moh. Ahsan, M.T Ketua Program Studi Teknik Informatika.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jika saat ini banyak pondok pesantren yang telah menerapkan teknologi dalam pembelajaran meski tidak sepenuhnya diterapkan. Karenanya, pihaknya berupaya untuk menggandeng pesantren guna membantu lebih mengenalkan teknologi yang lebih luas lagi untuk bisa diaplikasikan dalam pembelajaran di pesantren.

Menindaklanjuti hal tersebut, kedepan pihaknya akan melanjutkan dengan kerjasama antara Unikama dengan SMK An Nur Bululawang untuk bisa memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak.  

"SMK An Nur Bululawang sendiri meskipun berbasis pesantren namun juga memberikan pembelajaran seperti pada umumnya. Karena itu kami ingin menjalin kerjasama," jelasnya.

Kedepan, pihaknya berharap agar kerjasama yang akan dilakukan berjalan lancar dan bisa berkembang lebih luas lagi, tidak hanya pada bidang pendidikan, melainkan pada bidang lainnya seperti magang, penelitian.

Baca Juga : Cegah Covid 19 Pada Lansia dan Anak-Anak, Pemkot Batu Akan Beri Tambahan Nutrisi

“Setelah kerjasama berlangsung, dosen dari kami bisa membantu datang kesana dan memberikan workshop terkait teknologi. Begitu juga sebaliknya, guru-guru dari SMK An-Nur bisa datang ke Unikama untuk belajar lebih banyak mengenai teknologi dan bisa membuat media pembelajaran yang lebih kreatif untuk siswanya,” pungkasnya.