Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (kanan) saat meninjau karya seni yang dipamerkan di Gedung DPRD Kota Malang (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (kanan) saat meninjau karya seni yang dipamerkan di Gedung DPRD Kota Malang (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Wakil Wali (Wawali) Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko menyampaikan, Kota Malang bukan hanya dikenal sebagai Kota Pendidikan. Melainkan juga sebagai Kota Wisata yang selama ini dikenal dalam kancah nasional dan internasional. Sehingga, ada banyak elemen yang perlu didorong untuk terus menghidupkan pariwisata di Kota Malang.

Pria yang akrab disapa Bung Edi itu menjelaskan, salah satu faktor penunjang sebagai Kota Wisata itu adalah keberadaan seniman. Dia pun mendorong agar seniman di Kota Malang senantiasa bergandengan tangan dengan Pemerintah Kota Malang dalam meningkatkan roda perekonomian, tentunya dalam bidang pariwisata.

Baca Juga : Hari Ini, Pemkot Malang Luncurkan Bansos Tahap Awal bagi Warga Terdampak Covid-19

"Apalagi di era melambatnya ekonomi, maka yang harus digerakkan adalah kegiatan yang berkaitan dengan UMKM dan kesenian. Sehingga mampu menopang keterlambatan sistem secara global," katanya saat membuka agenda Bursa Karya Seniman yang digelar DKM Kota Malang hingga 21 Maret mendatang.

Ketua DKM Kota Malang, Bobby Nugroho mengatakan, saat ini DKM batu saja selesai dibentuk kembali. Sehingga belum memiliki dana sepeserpun untuk melakukan kegiatan. Meski begitu, seluruh anggota dan seniman di Kota Malang sepakat untuk menggelar kegiatan secara mandiri.

"Karena kami ingin berguna bagi masyarakat, bukan hanya untuk lingkungan seniman saja. Sehingga meski tak memiliki anggaran kami akan bergerak," terangnya.

Bobby menyebut, Pemerintah Kota Malang sebelumnya telah berjanji memberikan anggaran. Namun anggaran tersebut baru dapat digelontorkan pada 2021 mendatang. Sementara untuk 2020 ini, Pemkot Malang masih belum memberikan pendanaan.

"Sehingga selama satu tahun ini kami akan bergerak secara mandiri," tambahnya.

Baca Juga : Bantuan Pangan Non Tunai di Kota Batu Sudah Cair, Berikut Jadwal dan Lokasi Tokonya

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Malang Asmualik menambahkan, kesenian menjadi elemen penting yang harus terus dihidupkan. Sehingga, dia berharap agar potensi yang dimiliki seniman di Kota Malang terus dimunculkan dan dapat berkembang.

"Karena seniman akan selalu mengangkat keindahan Kota Malang untuk dikenalkan ke berbagai daerah, baik dalam maupun luar negeri," pungkasnya.