Ilustrasi
Ilustrasi

MALANGTIMES - April mendatang, Kota Malang akan menginjak usia yang ke 106. Di usia yang sudah cukup matang, tentu ada banyak catatan sejarah yang begitu melekat di hati masyarakat.

Diusia yang tak muda pula, Kota Malang telah melalui berbagai perjalanan dan perjuangan yang luar biasa. 

Baca Juga : SBY Persembahkan 'Cahaya Dalam Kegelapan', Lagu Bagi Para Pejuang Covid-19

Tapi tak bisa dipungkiri, ada banyak hal yang belum tercatat sempurna dalam perjalanan Kota Malang hingga menginjak usianya yang lebih dari satu abad itu.

Banyak ruang kosong yang mungkin sepatutnya kembali dicatat untuk mengingat lebih jauh perjuangan masyarakat Kota Malang. Mulai dari aspek pendidikan, sosial, budaya, kesehatan, ekonomi hingga politik yang berkembang.

Untuk kepentingan itu semua, MalangTIMES.com  sebagai media berjejaring terbesar di Indonesia akan mengukir sejarah baru melalui program ulasan khusus "Malang Bercerita".

Program teranyar ini akan mengulas secara mendalam perkembangan Kota Malang yang mungkin belum tercatat dalam dokumen-dokumen sejarah.

Melalui program ini pula, MalangTIMES.com akan menyuguhkan perjalanan panjang berbagai perguruan tinggi, sekolah, dan para pengajar serta pelajar di balik terbentukanya Malang sebagai Kota Pendidikan.

Sepak terjang para pejuang pendidikan itu menjadi hal penting untuk diketahui masyarakat Kota Malang dan Indonesia. Karena sebagai Kota Pendidikan, Malang tak pernah absen menelurkan generasi mudanya yang luar biasa.

Bukan hanya dalam aspek pendidikan, aspek sosial, budaya, dan ekonomi juga akan dikupas tuntas. Sebagai kota terbesar kedua di Jawa Timur, Kota Malang dikenal sebagai daerah yang kaya akan keberagaman.

Kota Malang dikenal sebagai kota yang sangat ramah bagi para pendatangnya. Kota Malang juga dikenal sebagai daerah yang tepat untuk mengembangkan kreativitas anak mudanya. Tak heran, ada banyak karya luar biasa yang ditelurkan arek-arek Malang.

Dalam bidang ekonomi, Kota Malang tak pernah luput dari mata elang investor lokal maupun asing. Sederet perusahaan kenamaan bertengger di Kota Malang, mulai dari skala lokal, nasional, hingga internasional. Iklim investasinya pun selalu menunjukkan tren positif.

Selanjutnya dalam bidang kesehatan, Malang juga dikenal sebagai kota yang kaya akan tenaga medis lengkap dengan fasilitasnya. 

Tapi sebelum memiliki tenaga medis dan fasilitasnya yang luar biasa seperti sekarang, Kota Malang tentu terlebih dulu melalui perjalanan yang tak mudah. 

Baca Juga : Pernah Bikin Album Bareng, Bebi Romeo Kenang Perjalanan Bermusik Bersama Glenn Fredly

Ada banyak rumah sakit yang dulunya hanya berasal dari klinik rumahan yang didirikan oleh para dokter muda.

Sementara, dari aspek politik, Kota Malang termasuk sebagai kota yang begitu diperhitungkan. 

Sejak sebelum merdeka hingga sekarang, ada banyak perjalanan politik yang begitu menarik dibahas. Sayangnya, belum banyak yang diketahui masyarakat Bhumi Arema ini.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, Kota Malang besar lantaran peran serta masyarakat yang luar biasa. 

Upaya gotong royong dan saling bahu membahu menjadi kekuatan tersendiri hingga menjadikan Kota Malang jadi sebesar sekarang.

Oleh karena itu, dia mengajak warga Kota Malang bersama-sama mengukir prestasi dengan semangat 'Satu Untuk Malang'. 

Masyarakat diajak bersama-sama untuk membangun asa dan cita-cita untuk kemajuan Kota Malang di masa sekarang dan yang akan datang.

Salah satunya, dia mengajak warga Kota Malang dari berbagai elemen untuk menyempurnakan kecintaannya terhadap Kota Malang dengan bercerita dan mengingat kembali perjalanan hidup lewat program "Malang Bercerita" bersama MalangTIMES.com (JatimTIMES Network).

"Kita harus bersama-sama mengusung semangat untuk membangun Kota Malang yang lebih baik," katanya.