Beberapa anak sedang bermain playground di Taman Bio Park, Desa Tlekung. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Beberapa anak sedang bermain playground di Taman Bio Park, Desa Tlekung. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sebagai kota dengan predikat Kota Layak Anak (KLA) Tingkat Madya, Pemkot Batu Terus berupaya meningkatkan beragam fasilitas. Fasilitas yang bakal hadir di tahun 2020 ini adalah playground.

Melihat area playground di Kota Batu ada di beberapa titik seperti di Taman Hutan Kota Bonda di Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Alun-Alun Kota Batu, dan sebagainya, namun dirasa masih perlu ada penambahan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bati Erief Assidiq menjelaskan, tahun ini ada 5 playground yang akan dibangun. Yakni di Desa Giripurno, Desa Bumiaji, Dusun Songgoriti-Kelurahan Songgokerto, Dusun Brau Desa Gunungsari, dan Dusun Toyomerto Desa Pesanggrahan.

“Kota Batu sudah menjadi KLA sudah beberapa tahun terakhir, dan baru-baru dapat untuk tingkat madya. Sehingga kita berupaya memberikan fasilitas yang membuat mereka nyaman,” ucapnya.

“Salah satu hak anak untuk bermain harus difasilitasi oleh pemerintah daerah dengan pengadaan sarana bermain dan edukasi ini. Melihat di Alun-Alun Kota Batu tidak pernah sepi, sehingga perlu ada titik lain untuk melebur keramaian supaya mereka nyaman,” jelas Arief. 

Sarana bermain anak ini dihadirkan dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di tahun 2020. Anggarannya sudah disiapkan kurang lebih Rp 1 miliar.

Rencananya tahun ini ke limanya akan dibanguan. Namun untuk masing-masing desa itu berbeda temanya.

“Masing-masing titik playground nantinya akan berbeda tema, tergantung kebutuhan dan luas lahan di masing-masing titik,” tutupnya.