Sutradara Parasite Bong Joon Ho (di belakang Jin Won Han) kedapatan cengar-cengir menatap piala Oscar. (Foto: screenshot video)
Sutradara Parasite Bong Joon Ho (di belakang Jin Won Han) kedapatan cengar-cengir menatap piala Oscar. (Foto: screenshot video)

MALANGTIMES - Film Parasite menjadi film pencetak sejarah bagi perfilman di Asia sekaligus Korea Selatan.

Baca Juga : WORO & The Night Owls Gebrak Maret dengan Album Perdananya

Film garapan Bong Joon Ho ini mendapat enam nominasi dalam ajang Academy Awards ke-92 atau Piala Oscar 2020. Enam nominasi tersebut adalah best picture, best director (sutradara terbaik), original screenplay (naskah asli) bersama Jin Won Han, best editing, best production design, dan best international feature.

Dari keenam nominasi itu, Parasite memborong 4 piala Oscar. Yakni best picture, best original screenplay, best international feature, dan best director.

Pada saat menerima penghargaan best original screenplay bersama Han Jin Won, Bong Joon Ho kedapatan cengar-cengir menatap piala Oscar pertamanya.

Sambil menggenggam Piala Oscar, Bong Joon Ho menyebut penulisan naskah Parasite melalui proses panjang. "Menulis naskah Parasite melewati proses yang panjang dan menyendiri. Apalagi saya ingin menulis isu yang menggambarkan wajah masyarakat negara kami," ujar Bong Joon Ho di atas panggung.

Ia menambahkan, "Saya berterima kasih untuk istri saya yang selalu menjadi inspirasi dalam bekerja dan berkreasi di dunia seni. Dan seluruh aktor yang menghidupkan film ini."

Sementara Jin Won Han tampak gugup saat menyampaikan pidato kemenangan. "Saya ingin berbagi kehormatan dengan para penulis skenario lain," ucapnya ringkas.

Saat Jin Won Han menyampaikan pidatonya inilah, di belakang, Bong Joon Ho tampak menatap piala Oscarnya dengan cengar-cengir.

Parasite juga merupakan film Asia pertama sekaligus film non-bahasa Inggris perdana yang menang film terbaik (best picture) dalam ajang Oscar.

Suasana begitu mengharukan. Pada saat diumumkan bahwa yang mendapatkan best picture ini adalah Parasite, para aktor dan aktris Hollywood yang hadir memberikan standing ovation kepada sutradara Bong Joon-ho dan seluruh pemain film Parasite.

Untuk diketahui, sebelum Oscar, film satire yang menggambarkan kesenjangan sosial dan ekonomi dua keluarga ini telah mengantongi banyak penghargaan. Parasite meraih empat nominasi dalam ajang Golden Globe Awards ke-77 dan berhasil menyabet piala Film Berbahasa Asing Terbaik.

Di ajang British Academy of Film and Television Arts (BAFTA), Parasite mengantongi empat nominasi dan membawa pulang dua piala, yaitu kategori original screenplay dan film not in the English language.

Parasite juga menjadi film non-bahasa Inggris pertama yang memenangkan Screen Actors Guild Award untuk outstanding performance by a cast in a motion picture.