Unggahan @aremafcofficial untuk mengenang Achmad Kurniawan. (istimewa)
Unggahan @aremafcofficial untuk mengenang Achmad Kurniawan. (istimewa)

MALANGTIMES - Jumat hari ini (10/1/2017) tepat tiga tahun yang lalu Arema FC kehilangan salah satu pemainnya, Achmad Kurniawan.  Sosok kiper itu tak lain adalah kakak kandung Kurnia Meiga Hermansyah yang juga mantan penjaga gawang utama Arema.

 Kurniawan yang meninggal pada umur 37 tahun itu meninggalkan kesan mendalam bagi Aremania. Pasalnya, Kurniawan termasuk pemain yang kerap berkostum Arema. Sejak tahun 2006 sampai 2008, mantan kiper Persita Tangerang itu keluar masuk membela Singo Edan.

Baca Juga : Libur Karena Covid-19, Kiper Persita Mulai Bosan

Hanya  pada musim kompetisi 2008-2009 AK 47 (sapaan akrab Achmad Kurniawan) pindah beserta sejumlah pemain ke Persik Kediri dan 2009-2010 pindah lagi ke Semen Padang. Tapi pada kompetisi 2011, AK kembali berseragam Arema hingga mengembuskan napas terakhirnya  tahun 2017.

Kehadiran Kurniawan di kubu Arema memang sangat berarti. Sebab, berkat perannya, Kurnia Meiga mau bergabung dengan Singo Edan dan menjelma sebagai kiper terbaik di Indonesia bahkan diakui di Asia oleh beberapa pelatih asing dan negara tetangga.

Sebelum meninggal dunia, AK 47 sempat membuat publik Malang bangga kepadanya karena saat itu pelatih Arema FC Milomir Seslija kerap memberikan kepercayaan bermain. Hal itu menyusul Kurnia Meiga sebagai kiper utama tidak bisa bermain.

Beberapa save menawan diciptakan kiper yang pernah membela Timnas Indonesia U-23 pada 2000-2001 itu, baik di laga home atau away Arema.

Baca Juga : Sejarah Pimpinan KONI Kota Malang, Mulai dari Wali Kota, Ketua DPRD, Sekda Hingga Pengusaha

Pada 29 Desember 2016, Kurniawan dirawat di unit perawatan intensif setelah serangan jantung dan mengalami koma. Kurniawan kemudian meninggal di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang, pada 10 Januari 2017.

Akun Instagram resmi Arema FC pun tidak lupa mengunggah foto sang legenda tersebut dengan caption "Lahumul Fateha" atau mengajak semua untuk membaca Surat Al-Fatihah untuk almarhum Achmad Kurniawan. Tak lupa, didalam foto juga tertera tulisan "semangat dan kegigihanmu akan selalu ada".