Makan Konate (bawa bola) saat menghadapi Bali United di pekan ke 33 Liga 1 2019 (official Arema FC)
Makan Konate (bawa bola) saat menghadapi Bali United di pekan ke 33 Liga 1 2019 (official Arema FC)

MALANGTIMES - Kompetisi Liga 1 2019 telah menyelesaikan pekan ke 33. Artinya, liga sepak bola kasta teratas Tanah Air itu tinggal menyisakan satu pekan lagi.

Bali United telah memastikan sebagai juara Liga 1 2019 sejak pekan ke 30. Tambahan tiga poin dari tuan rumah Semen Padang pada 1 Desember lalu membuat Serdadu Tridatu semakin menjauh dari kejaran rival-rivalnya sekaligus mengunci posisinya sebagai juara.

Kompetisi Liga ini juga menjadi ajang memperebutkan penghargaan individu. Selain gelar Top Skorer, terdapat empat kategori penghargaan individu yang ditetapkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi.

Playmaker Singo Edan, Makan Konate masuk dalam daftar calon pemain terbaik Liga 1 2019 yang akan usai di minggu ketiga bulan Desember 2019 ini. Pemain asal Mali ini tercatat masuk bersama pemain Bali United Fadil Sausu dan playmaker Borneo FC Renan Silva.

Pada ajang penghargaan individu itu terdapat empat kategori uaitu Pemain Terbaik, Pemain Muda Terbaik, Pelatih Terbaik, dan Gol Terbaik. Nantinya, pemenang penghargaan tersebut akan diumumkan pada saat prosesi penyerahan trofi juara Shopee Liga usai laga Bali United kontra Madura United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, 22 Desember mendatang.

Nama-nama yang masuk ke dalam daftar kandidat atau nominasi penghargaan Shopee Liga berdasarkan hasil evaluasi dan rapor penampilan pemain selama satu musim yang dipantau langsung oleh empat panelis Tim Technical Study Group (TSG).

Empat panelis Tim Technical Study Group (TSG) tersebut beranggotakan Ansyari Lubis, Mustaqim, Supriyono Prima dan Octavery Krisnandana.

Salah satu anggota panelis Tim TSG, Mustaqim mengatakan bahwa penentuan nama-nama yang masuk dalam tiap kategori, telah melalui proses yang panjang dan detail. "Tiap pekan kami menganalisa nama-nama di tiap kategori tersebut. Kemudian pada akhir musim, kami diskusikan secara bersama. Semua berdasarkan fakta dan data yang komprehensif," kata Mustaqim seperti di website resmi Liga Indonesia.

Untuk Arema FC sendiri, Makan Konate menjadi wakil tim berjuluk Singo Edan ini untuk mengobati gagalnya bertengger di posisi kedua atau ketiga klasemen akhir Liga 1 2019. Pemain asal Mali itu akan berebut gelar pemain terbaik bersama dua pemain lain dari Bali United dan Borneo FC.

Prestasi dari Makan Konate itu memang tidak lepas dari permainannya yang impresif. Karena sebagai playmaker ia bisa menorehkan 16 gol selama ini, dan menjadi top skor sementara Arema FC hingga pekan ke 33 Liga 1 2019.