DLH Kota Malang saat membersihkan sungai di Jembatan Tidar (Hendra Saputra)
DLH Kota Malang saat membersihkan sungai di Jembatan Tidar (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Setelah melakukan pembersihan di beberapa sungai di Kota Malang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang Bidang Pelayanan Kebersihan lega karena aliran sungai bisa lancar dan sedikit membantu agar tidak terjadi banjir.

Banjir menjadi salah satu problem di Kota Malang yang membuat beberapa stakeholder mencari solusi bagaimana untuk memecahkannya.

Salah satu solusi sederhana yang dilakukan saat ini yakni dengan memberikan jalur yang lancar bagi saluran air di sungai-sungai di Kota Malang oleh DLH sebagai bidang yang melayani kebersihan.

Kepala Bidang Pelayanan Kebersihan DLH Kota Malang, Joao Maria Je Gomes Carvalho mengatakan bahwa pihaknya sudah melihat hasil setelah melakukan pembersihan di beberapa sungai di Kota Malang.

"Setelah melakukan pembersihan di sungai ini hasilnya cukup baik, tinggal sampah-sampah yang menyangkut saja, lalu juga ada ranting-ranting yang tumbuh itu tinggal dibersihkan saja," ujar Kabid yang akrab disapa Joe ini.

Di sisi lain, Joe mengaku bahwa meski saat ini masih kerap turun hujan, pihaknya masih tetap melakukan pembersihan di sungai-sungai karena DLH Kota Malang sudah memiliki jadwal untuk kerja bakti tersebut.

"Kami jalan terus melakukan pembersihan di sungai meski musim hujan, hanya saja jika hujan kami berteduh dulu, jika sudah kami kembali melakukan pembersihan," katanya.

Sebelumnya, DLH Kota Malang membersihkan tumpukan sampah yang ada di jembatan Tidar dimana sangat banyak sekali buangan sampah dan buangan pembangunan di sungai. Hal itu sampai membutuhkan waktu tidak cukup tiga hari agar sungai kembali terlihat bersih kembali.

"Menurut saya sampai saat ini yang paling banyak sampah dan tumbuhan sudah lebat itu di jembatan Dieng, tapi saat ini kami sudah proses membersihkan meski musim hujan  sudah tiba," pungkasnya.