Para peserta Rally Wisata Keluarga usai diberangkatkan oleh Bupati Malang HM Sanusi
Para peserta Rally Wisata Keluarga usai diberangkatkan oleh Bupati Malang HM Sanusi

MALANGTIMES - Kemeriahan peringatan hari jadi Kabupaten Malang yang ke-1259 tahun, belum berakhir. Sabtu (30/11/2019), giliran pecinta otomotif yang turut berpartisipasi dalam serangkaian acara hari jadi daerah yang memiliki slogan The Heart of East Java tersebut.

”Dalam agenda Rally Wisata Keluarga ini melibatkan komunitas klub mobil. Lebih dari 200 peserta mengikuti acara ini,” kata Bupati Malang, HM Sanusi, saat ditemui awak media usai memberangkatkan peserta dari halaman Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu (30/11/2019).

Sanusi menjelaskan, acara Rally Wisata Keluarga yang diikuti beberapa komunitas mulai dari mobil Pajero, Fortuner, Jeep Malang Selatan dan Willys Club ini, sebenarnya bukan kali pertama diadakan. Sebelumnya event ini sudah ada dengan konsep Off Road. ”Selain untuk hiburan, acara ini juga bertujuan untuk mengenalkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Malang,” terang Sanusi.

Di saat bersamaan, ketua panitia, Wahyu Hidayat, menuturkan jika rute yang dilalui para peserta usai diberangkatkan dari halaman Stadion Kanjuruhan, adalah melintasi kawasan jalan raya di Kecamatan Pagak untuk menuju ke Pantai Balekambang. Selanjutnya para peserta akan diajak untuk melintasi JLS (Jalur Lintas Selatan) untuk menuju kawasan Kecamatan Turen, Wajak, Poncokusumo, Tumpang, Pakis, yang kemudian lewat jalan tol sebelum akhirnya finish di tempat wisata Kebun Teh Wonosari.

”Tempat istirahat dan makan siang di Pantai Balekambang. Kemudian untuk garis finish-nya ada di tempat wisata Kebun Teh Wonosari," kata Wahyu yang juga menjabat sebagai Kepala DPKPCK (Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya) Kabupaten Malang.

Pihaknya menambahkan, jika agenda Rally Wisata Keluarga tersebut, bakal berlangsung selama dua hari. Setelah mencapai tujuan akhir, para peserta akan menginap di Kebun Teh Wonosari, Kecamatan Lawang. Di sana pihak penyelenggara sudah menyiapkan berbagai agenda, diantaranya adalah undian berhadiah dengan hadiah utamanya yakni satu unit sepeda motor.

”Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh peserta dari Malang Raya, tetapi beberapa daerah lain seperti Surabaya juga turut berpartisipasi. Kedepan, agenda semacam ini akan terus kita evaluasi bersama. Harapannya pada penyelenggaraan tahun 2020 mendatang, jumlah pesertanya akan semakin banyak. Sehingga potensi wisata di Kabupaten Malang akan lebih dikenal,” tutup Wahyu.