Juara 1 lomba foto Desa Wisata Gubugklakah oleh akun mbah_jenggot12 (Balitbangda)
Juara 1 lomba foto Desa Wisata Gubugklakah oleh akun mbah_jenggot12 (Balitbangda)

MALANGTIMES - Pendaftaran lomba vlog dan foto dengan tema Desa Wisata Gubugklakah di bagian timur Kecamatan Poncokusumo dibuka Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Malang, beberapa bulan lalu. 

Akhirnya, keluar juga para juara di dua kategori lomba yang mengeksploitasi keindahan alam bak surga yang jatuh di bumi ini.

Secara resmi, Balitbangda Kabupaten Malang mengumumkan para juara 1 sampai 3 dan juara harapan 1 sampai 3 lomba vlog dan foto Desa Wisata Gubugklakah melalui Keputusan Direktur Lemlitbang Kemenristek Dikti No B/777/C2/TK.04/2019 tentang pemenang lomba.

Ada 6 orang pemenang di dua kategori yang diperlombakan seperti yang disampaikan oleh Kepala Balitbangda Kabupaten Malang M Hidayat melalui Yuliati B Kuntari. 

"Untuk pengumuman pemenang sudah kita publikasikan di media sosial dan website resmi Balitbangda Kabupaten Malang. Kita sangat mengapresiasi antusias masyarakat mengikuti lomba untuk mengangkat destinasi wisata di Gubugklakah," ucap Yulianti sambil menyampaikan para juara di dua kategori lomba.

Yakni, juara 1 untuk kategori vlog dimenangkan oleh akun awkcreativeid dengan tema desa wisata gubugklakah. 

Juara ke-2 disabet akun ekabrilian dengan memgeksploitasi Coban pelangi dan juara tiga uswah14uha yang membuat vlog desa wisata Gubugklakah. 

Sedangkan untuk harapan 1 diraih oleh aditykhamal, diikuti oleh Wahyu visual dan ketiga Ona_denova. 

Sedang kategori foto juara 1 diraih oleh akun mbah_jenggot12, diikuti oleh budiharjo66 dan juara ketiga oleh akun ahmad.irsyadur. 

Di juara harapan 1 akun adi_mohey-high, kedua dipegang akun ardian.syahruddin dan harapan tiga oleh akun mbah_jenggot12.

Yulianti menyampaikan, enam pemenang tersebut sudah melalui proses seleksi dari tim profesional sebagai juri lomba. 

"Sudah melewati seleksi, dimana enam pemenang itu karyanya telah memenuhi unsur pesan, instagramable, unik dan menarik serta sisi karya memiliki kualitas, estetika, harmonisasi, serta kearifan lokal yang sesuai dengan tujuan lomba," ujarnya.

Juara 1 lomba foto, misalnya, secara menarik mampu mengabadikan air terjun pelangi sebagai latar belakangnya dan sosok seorang pria yang sedang bermain biola. 

Pemenang lomba foto Desa Wisata Gubugklakah dengan akun mbah_jenggot12 dengan pengikut 2.576 yang menuliskan sebagai guide wisata Bromo dalam akun Instagramnya, menyatakan, bahwa kemenangannya adalah kemenangan Desa Wisata Gubugklakah.

"Terimakasih, telah memilih kami menjadi pemenang, kemenangan ini sebenarnya kemenangan @desawisatagubugklakah dalam membangun masyarakat yang sadar wisata," tulis pemenang foto juara 1 dan juara harapan 3 ini.
Sedangkan untuk juara 1 blog yang dimenangkan akun awkcreativeid memperlihatkan berbagai keindahan dan eksotisme Desa Wisata Gubugklakah secara menarik serta membuat penonton vlog akan merasakan daya tarik pesona yang dimiliki oleh Desa Wisata Gubugklakah.

Dari Coban Pelangi, wisata alam Ledok dengan river tubing dan rafting di sepanjang sungai Ledok amprong, maupun coban bidadari. 

Secara kreatif disuguhkan dalam vlog berdurasi pendek oleh akun yang memiliki pengikut 12,6 ribu di akun Instagramnya ini.