Desa Penglipuran, Bali.
Desa Penglipuran, Bali.

MALANGTIMES - Kota Batu saat ini juga tengah fokus dalam pengembangan desa wisata, hanya saja bukan perkara mudah untuk mengembangkannya. Mungkin desa-desa di Kota Batu perlu melirik 4 desa wisata yang mampu membawa nama Indonesia di kancah Internasional ini. 

Empat desa wisata di Indonesia tersebut masuk ke dalam Top 100 Destinasi Berkelanjutan di Dunia versi Global Green Destinations Days (GGDD). Penghargaan Sustainable Destinations Top 100 menjadi program tahunan Green Destinations Foundation, yang bertujuan memamerkan cerita sukses dan praktik pariwisata berkelanjutan dari destinasi pariwisata di seluruh dunia. 

Desa wisata mana saja yang masuk ke dalam Top 100 Destinasi Berkelanjutan di Dunia versi Global Green Destinations Days, antara lain: 

1. 

Desa Pemuteran, Bali Desa Pemuteran adalah desa di kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Desa ini memiliki rata-rata ketinggian 100 meter dari permukaan laut. Dan memiliki luas wilayah 30,33 km. 

Perkembangan Desa Pemuteran tidak lepas dari peran I Gusti Agung Prana yang merupakan pelopor sekaligus pendiri Yayasan Karang Lestari dan aktif mengelola kawasan karang di Pantai Pemuteran. 

Kini Desa Pemuteran telah menjadi desa wisata dengan memanfaatkan potensi alam yang menjadi kekayaannya. 

2. 

Desa Penglipuran, Bali Desa Penglipuran adalah salah satu desa adat dari Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Desa ini terkenal sebagai salah satu destinasi wisata di Bali, karena masyarakatnya yang masih menjalankan dan melestarikan budaya tradisional di kehidupan mereka sehari-hari.

Desa Penglipuran berasal dari akronim kata pengeling dan pura yang berarti mengingat tempat suci (para leluhur). Pada tahun 1993, desa adat ini ditetapkan sebagai Desa Wisata Penglipuran dengan Surat Keputusan (SK) Bupati No.115 tanggal 29 April 1993. 

3. 

Desa Wisata Nglanggeran, Yogyakarta

Desa Nglanggeran terletak di Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada Januari 2017, Desa Wisata Nglanggeran mendapat Penghargaan Pariwisata Berbasis Masyarakat ASEAN (CBT). Ada dua obyek wisata di Desa Nglanggeran, yakni gunung api purba dan embung besar.

4. 

Desa Pentingsari, Yogyakarta Desa Pentingsari berada di Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasinya yang berada di lereng Merapi membuat desa ini selalu diselimuti udara sejuk. Desa Pentingsari diresmikan menjadi desa wisata pada tahun 2008 dengan menawarkan wisata alam dan wisata budaya sebagai daya tarik utamanya.