Wedang tahu. (Foto: istimewa)
Wedang tahu. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Indonesia dikenal juga dengan negaranya yang memiliki beragam kekayaan kuliner dengan cita rasa yang khas. Bahkan setiap daerahnya menyumbang satu masakan khasnya sendiri.

Sayangnya, dari banyaknya kuliner khas yang ada di Indonesia, beberapa diantaranya justru terancam punah karena sudah semakin sulit untuk ditemukan di era saat ini.

Lalu kira-kira, kuliner Indonesia apa saja yang terancam punah? Antara lain:

1. Wedang Tahu

Mungkin bagi sebagian masyarakat ada yang tidak tahu dengan kuliner satu ini.! Wedang tahu merupakan kuliner yang terbuat dari sari kedelai yang direbus menjadi bubur, kemudian disajikan dengan campuran wedang jahe.

Dulunya kuliner satu ini sangat populer dan kerap dijadikan sebagai kuliner pencuci mulut. Sayangnya keberadaan penjual wedang tahu saat ini semakin jarang ditemukan.

2. Gulo Puan

Gulo Puan atau disebut sebagai keju-nya orang Sumatera Selatan merupakan kuliner yang terbuat dari gula pasir dan susu kerbau. Untuk menghasilkan gulo puan, pengolahannya membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam. Karena pengolahannya yang termasuk sulit itu yang membuat gulo puan semakin sulit ditemukan.

3. Sate Blengong

Sate blengong adalah kuliner yang terbuat dari daging entok dan kemudian disajikan dalam bentuk sate. Kuliner ini dikenal sebagai khas dari Kota Brebes yang memang sentra peternak bebek maupun entok. Namun saat ini, penjual sate blengong pun semakin jarang terlihat.

4. Kidu-kidu

Kidu merupakan kuliner yang berasal dari Tanah Karo, Sumatera Utara. Kidu adalah kuliner yang terbuat dari ulat pohon enau yang sudah membusuk. Ulat-ulat itu biasanya dimakan mentah-mentah ataupun digoreng dengan tambahan bumbu arsik.

Kuliner ini sedikit berbahaya jika tidak dimasak dengan benar, sebab kidu dapat menyebabkan sakit perut bagi yang mengonsumsinya. Selain itu, kidu semakin jarang ditemukan karena bahan pembuatannya yang sulit ditemukan saat ini.

5. Sayur Babanci

Salah satu kuliner Betawi, sayur babanci semakin jarang ditemukan sekarang ini. Soto babanci terbuat dari campuran daging sapi, kelapa muda, petai, dan kuah asam yang bersantan. Sayur babanci juga terkenal kaya akan campuran rempah-rempah yang khas.