MALANGTIMES - Pengurus Ikatan Mahasiswa Lamongan (Ikamala) Universitas Islam Malang (Unisma) punya cara menarik menyambut kedatangan mahasiswa baru (maba) di Kota Malang. 

Untuk menyambut kedatangan generasi baru di Kota Pendidikan ini, Ikamala Unisma menggelar acara perkenalan di tempat nongkrong paling cozy zaman milenial, Coffee Times.

Pertemuan yang digelar merupakan agenda rutin setiap musim penerimaan mahasiswa baru. Tujuannya, untuk saling mengenal maba Unisma asal Lamongan sekaligus memudahkan menjalani kehidupan di Kota Malang. Selain itu juga untuk bertukar pengalaman kepada maba sehingga bisa segera menyesuaikan diri dengan iklim atau culture pada daerah yang disinggahi untuk menuntut ilmu. 

Kurang lebih sekitar 40 mahasiswa baru dari Ikamala berkumpul untuk bincang-bincang dan membahas kesulitan-kesulitan yang dihadapi ketika berada di Kota Malang.

Dengan canda tawa sembari menikmati sajian makanan dan minuman  Coffee Times, mereka tampak gayeng saat berdiskusi ringan layaknya keluarga.

Pembina Ikamala Unisma Malang, M. Azmil Nazar, S.M mengatakan acara perkenalan maba ini rutin digelar setiap tahun untuk berkumpul dengan mahasiswa sedaerah dari Lamongan.

"Ini acaranya say hello sambut maba. Sekalian diskusi pendek tentang kedaerahan tentang budaya, identitas lamongan dll. Selain itu juga persiapan malam keakraban karena jauh dari rumah, sesama mahasiswa dari Lamongan di Unisma ngumpul bareng untuk mempererat persaudaraan," ujar Azmil kepada Malangtimes.com. 

Ikamala sendiri adalah organisasi kedaerahan yang memiliki kurang lebih 1.500 anggota dari Lamongan. Anggota Ikamala yang sedang menuntut ilmu ini tersebar di sejumlah kampus di Kota Malang.

"Kegiatan kami biasanya seperti diskusi tentang ekonomi, politik dan sebagainya. Intinya kami membahas Lamongan dari sudut pandang setiap jurusan masing-masing dari anggota. Jadi agar bisa membangun daerah ketika kembali ke Lamongan," ungkap Azmil.

Disinggung pilihan berkumpulnya Ikamala Unisma di Coffee Times, Azmil mengatakan karena Coffee Times cukup representatif. Lokasinya dekat dengan kampus sehingga mudah diakses sebagian besar anggota. Coffee Times yang terletak di areal Terminal Kopi Malang, Pasar Terpadu Dinoyo juga cocok untuk penyelenggaraan pertemuan non formal. "lokasinya sangat mudah diakses, cocok untuk pertemuan dan bisa bersantai," kata pencinta fotografi ini. 

Selain pertimbangan tersebut, sajian Coffee Times juga cukup menarik dan menggoda untuk dicoba. Khususnya pada menu kopi yang menyajikan biji kopi pilihan terbaik di Malang Raya, serta beberapa daerah di Nusantara. "Kami juga merasa terhormat karena ada sajian kopi khas Lamongan, kopi Selir.  Untuk makanannya juga ada ikan lele yang menjadi lambang daerah Lamongan 

"Disini tempatnya luas, suasananya enak, secara menu juga cocok dengan lidah orang Lamongan yang suka ngopi, dan Coffee Times sangat cocok menurut kami," katanya.

Terakhir, Azmil berharap Ikamala ke depan bisa lebih aktif dan membangun organisasi secara masif di Unisma. "Seduluran Lamongan semakin kuat dan anggotanya juga solid. Seberapa jauh dan lama di perantauan pasti juga akan pulang, nah arti pulang ini sendiri juga harus membawa bekal agar berguna ketika kembali ke masyarakat," tegas Azmil.

Sementara itu pengelola Coffee Times, A. Yahya mengatakan selain sebagai tempat ngopi dengan beragam pilihan kopi nusantara, Coffee Times juga memberikan ruang bagi komunitas, mahasiswa hingga perkumpulan profesional  untuk menggelar pertemuan. 

"Silahkan ke sini.  Mau bersantai, membuat acara, diskusi hingga menggelar rapat sekalipun kami sediakan memberikan ruang bagi mereka komunitas, UKM, dan siapapun. Dan nikmati fasilitas yang bisa direquest langsung bagi pembuat acara," paparnya.

 

;

 

Pengelola Coffee Times yang biasa dipanggil Yayak ini menambahkan, selain fasilitas tempat, wifi, yang membuat menarik saat menggelar acara di Coffee Times, juga ada fasilitas lainnya..  Yakni kegiatan yang digimelar di Coffee Times akan mendapatkan bonus pemberitaan yang  publish di MalangTIMES.com.

"Kami tidak hanya menyuguhkan fasilitas tempat saja, kalau bikin acara disini bakal mendapat bonus pemberitaan yang akan tayang di platform MalangTIMES.com beserta jaringannya se-Jawa Timur," pungkasnya.