Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang M Hidayat memberikan sambutan kepada peserta lomba cerdas cermat tingkat SMP 2019 (Nana)
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang M Hidayat memberikan sambutan kepada peserta lomba cerdas cermat tingkat SMP 2019 (Nana)

MALANGTIMES - Banyak jalan menuju peningkatan kualitas anak sekolah dalam ilmu pengetahuan atau akademik. Salah satunya adalah melalui lomba cerdas cermat yang digelar oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. 

Baca Juga : Dampak Covid-19, Beasiswa LPDP ke Luar Negeri Ditunda Tahun Depan

Sebuah lomba yang zaman dulu terbilang familiar bagi anak-anak sekolah dan kerap disiarkan satu-satunya televisi di Indonesia, yaitu TVRI.

Lomba cerdas cermat dipilih oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Malang sebagai ruang unjuk kemampuan terbaik para pelajar, khususnya di tingkat sekolah menengah pertama (SMP). Dengan muara lahirnya karakter positif pelajar dalam berkompetisi, tampil berani dan percaya diri, serta tentunya untuk mengasah kemampuan akademik yang mereka pelajari di sekolah selama ini.

Diikuti 99 tim dari SMP negeri dan swasta, lomba cerdas cermat 2019 dimulai sejak Kamis (01/08/2019) lalu dan menuju babak semifinal, Rabu (07/08/2019) besok dan rencana digelar di bumi perkemahan Coban Rondo.

Rentang hari yang dilalui oleh 99 tim dari berbagai SMP di Kabupaten Malang, telah menyisakan 6 tim yang akan berhadap-hadapan untuk menunjukkan kemampuannya dalam hal penguasaan akademik. 

6 tim tersebut adalah dari SMPN 1 Bululawang, SMPN 1 Wajak, SMPN 2 Pagak, SMPN 1 Gondanglegi, SMPN 4 Kepanjen dan SMPN 1 Ngantang.

"6 tim lolos ke babak semifinal dan akan berhadapan tanggal 7 Agustus besok di Coban Rondo," kata M Hidayat atau akrab disapa Dayat, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Selasa (06/08/2019).

Dayat, melanjutkan, bahwa lomba cerdas cermat yang digelar oleh pihaknya, ditujukan dalam upaya terus mengasah kemampuan akademik pelajar SMP. Selain juga untuk mendorong para pelajar untuk menunjukkan kemampuan akademiknya di depan umum. Sehingga nantinya diharapkan para pelajar itu tidak hanya pintar dalam berbagai pelajaran. 

Baca Juga : Belajar dari Rumah Lewat TVRI Mulai Hari Ini, Intip Jadwalnya Yuk!

"Tapi mereka juga berani untuk menunjukkan kepintarannya di depan orang banyak. Ini juga pembelajaran dalam menumbuhkan rasa percaya diri pelajar," ujarnya.

Harapan besar Dinas Pendidikan Kabupaten Malang atas prestasi para pelajar di bawah naungannya, memang menjadi prioritas utamanya. Sehingga berbagai kegiatan terus digeber oleh Dinas Pendidikan dalam beberapa bulan belakangan ini. Dengan muara yang dicapai semakin banyak pelajar yang akhirnya terpacu untuk terus meningkatkan kemampuannya. Serta semangat untuk terus juga berprestasi di berbagai ajang di dunia pendidikan.

"Harapan besar kita jelas, bahwa setiap tahun dunia pendidikan kita terus meningkat kualitasnya. Serta tentunya bisa merata juga. Berbagai lomba, seperti cerdas cermat ini, perlu terus diadakan. Sehingga sekolah-sekolah lainnya ikut terpacu untuk berprestasi juga," ungkap Dayat.

Peraih piagam penghargaan prestasi istimewa dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) ini juga terus meminta kepada seluruh pendidik di Kabupaten Malang untuk terus bersama meningkatkan kualitas pendidikan di wilayahnya masing-masing.

"Karena keberhasilan dunia pendidikan juga tidak lepas dari profesionalisme para pendidik itu sendiri. Karena itu saya mengajak seluruhnya untuk berjuang terus untuk pendidikan di Kabupaten Malang. Menjadi yang terbaik dan menjadi percontohan bagi sekolah lainnya," pungkas Dayat.