Foto: Pixabay.
Foto: Pixabay.

MALANGTIMES - Memiliki bibir berwarna merah merona secara alami memang dambaan banyak kaum hawa. Warna bibir merah menunjang penampilan menjadi lebih fresh dan lebih menarik.

Sayangnya, tidak semua wanita dianugerahi bibir merona. Terdapat banyak faktor yang dapat membuat bibir bewarna gelap. Mulai dari banyaknya konsumsi rokok, kopi, soda, alkohol; kebiasaan menjilat bibir; menggunakan lipstik yang mengandung bahan-bahan berbahaya terlalu sering; dan masih banyak lagi.

Banyak wanita melakukan berbagai cara untuk mencerahkan bibir gelapnya. Jika perawatan di dokter dirasa mahal, Anda bisa melakukan pencerahan bibir dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di sekitar.

Dengan penggunaan bahan-bahan alami, selain aman, proses perawatannya pun bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut ini beberapa bahan dan cara yang dapat dilakukan untuk memerahkan bibir secara alami.

1. Masker Madu dan Lemon

Campuran dari madu dan lemon dipercaya dapat membuat warna bibir menjadi seperti warna aslinya. Dengan tambahan lemon, akan membuat bibir terjaga kelembapannya.

Kandungan dari kedua bahan ini saling melengkapi satu sama lain. Kamu dapat mencampurkan perasan satu buah lemon dengan satu sendok teh madu. Kemudian oleskan pada bibir dan tunggu selama 15-20 menit. Setelah itu bilas dengan air.

Untuk hasil yang maksimal kamu dapat melakukan hal ini 2-3 seminggu secara rutin.

2. Timun

Timun dipercaya dapat menjaga kelembapan bibir. Jika kelebapan bibir terjaga maka warna bibir menjadi pink secara alami.

Caranya, buat jus dari buah timun kemudian oleskan pada pada bibir. Tunggu hingga 20 menit, kemudian bilas dengan air. Lakukan ini setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Scrub Madu dan Gula

Campuran scrub madu dan gula dapat menyingkirkan kulit-kulit mati di bibir. Seperti yang kuta tahu, kulit-kulit mati menjadi salah satu penyebab yang membuat bibir menjadi gelap.

Campurkan satu sendok gula dan madu secukupnya. Kemudian oleskan pada bibir sambil digosok perlahan. Tunggu hingga 10-15 menit kemudian bilas.

4. Minyak Zaitun


Kandungan vitamin E yang dimiliki minyak zaitun dipercaya dapat membuat kulit bibir menjadi lebih sehat dan cerah. Oleskan minyak zaitun pada bibir setap hari saat mau tidur. Kamu juga bisa gunakan minyak zaitun untuk scrub dengan menambahkan gula.

Selain melakukan perawatan di atas, gunakan lipbalm sebelum menggunakan lipstik agar kelembaban bibir tetap terjaga. Pastikan tidak menggunakan sembarangan lipstik agar kandungannya tidak merusak warna asli bibirmu. Hindari juga merokok atau kebiasaan-kebiasaan buruk yang membuat bibir menjadi hitam.