Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Keluar dari Zona Nyaman, Mahasiswa UIN Malang Mengabdi di Daerah Terluar Indonesia melalui KKM Nusantara

Penulis : Imarotul Izzah - Editor : Lazuardi Firdaus

02 - Jul - 2019, 15:22

Pembekalan KKM UIN Mengabdi Tahap II. (Foto: Humas)
Pembekalan KKM UIN Mengabdi Tahap II. (Foto: Humas)

MALANGTIMES - Tidak hanya mengabdi di masyarakat pada umumnya, mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) juga mengabdi di daerah terluar Indonesia melalui Kuliah Kerja Masyarakat (KKM) Nusantara.

Hal ini dinyatakan oleh ketua LP2M UIN Malang, Dr Hj Tutik Hamidah MAg. Tutik mengungkapkan, LP2M UIN Malang tengah mempersiapkan program pengabdian KKM Nusantara.

Baca Juga : Ungkapan Mahasiswa Asing UIN Malang yang Terisolasi di Kampus

“KKM Nusantara ini dibiayai oleh LP2M. Dibiayai transportasinya, dan juga living costnya disubsidi. Hanya saja, karena dibiayai LP2M, maka jumlah mahasiswanya juga tidak banyak, tergantung pada kemampuan LP2M,” jelas Tutik.

Tahun ini, LP2M akan mengirim 7 mahasiswa dari fakultas yang berbeda-beda untuk melaksanakan pengabdian di daerah terluar Indonesia, tepatnya di Samarinda, Kalimantan Timur.

Syarat-syarat mengikuti KKM Nusantara sama dengan persyaratan KKM UIN Mengabdi, yakni memenuhi 100 SKS. Namun, karena jumlah mahasiswa yang terbatas, LP2M harus berkoordinasi dengan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan setiap fakultas untuk mengirim 1 mahasiswa perwakilan fakultas.

Adapun tujuan utama KKM Nusantara tidak lain untuk membekali mahasiswa agar dapat bersosialisasi dengan baik di tempat yang memiliki tantangan tinggi.

“Paling tidak, ada perwakilan dari mahasiswa itu (yang) pergi jauh dari zona amannya,” tandas Tutik.

Sebelum ada KKM Nusantara, mahasiswa mengikuti KKM Mengabdi. Selasa ini (2/7), ratusan mahasiswa mengikuti program Pembekalan KKM UIN Mengabdi Tahap II di Aula Fakultas Humaniora.

Baca Juga : Siswa yang Tak Punya Akses Internet Mulai Senin Belajar Lewat TVRI

Program pembekalan merupakan satu dari sekian rangkaian persiapan LP2M UIN Malang untuk melaksanakan KKM kedua tahun ini. 

Dijelaskah oleh Tutik, program KKM UIN Mengabdi sengaja dilaksanakan dua kali supaya bisa menyesuaikan dengan jadwal seluruh mahasiswa. Jadwal yang dimaksud adalah jadwal Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang berbeda-beda antarfakultas.

 


Topik

Pendidikan malang berita-malang Keluar-dari-Zona-Nyaman Mahasiswa-UIN-Malang Kuliah-Kerja-Masyarakat


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imarotul Izzah

Editor

Lazuardi Firdaus