Dulunya Dikenal Kampung Kumuh, Kini Kampung Ekologi Menunjukkan Eksistensinya Bisa Masuk Nominasi Proklim Nasional

Jun 29, 2019 19:19
Salah satu spot di Kampung Ekologi di RW 06 Kelurahan Temas Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu spot di Kampung Ekologi di RW 06 Kelurahan Temas Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Siapa sangka kampung yang dulunya kumuh kini membawa nama Kota Batu meraih nilai baik dalam nominasi Program Kampung Iklim (ProKlim) tingkat provinsi Jawa Timur. Kini masuk nominasi nasional dalam penilaian program dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

Baca Juga : Curhat Pelaku Pariwisata ke Menteri Pariwisata Wishnutama, Seperti Apa ?

Kampung ini adalah Kampung Ekologi di RW 06 Kelurahan Temas Kecamatan Batu. Kampung tersebut sukses menjadi kawasan ramah lingkungan dan jujukan edukasi dari berbagai daerah.

“Sebelumnya kami mendaftarkan kampung ini dalam program nasional, dan akhirnya masuk nominasi. Awalnya dinilai dulu untuk tingkat provinsinya dan lolos,” ungkap Sekretaris Kampung Ekologi, Agung Pribadi.

Ia menjelaskan ada beberapa kriteria agar bisa lolos menjadi nominasi nasional. Antara lain, Kampung Ekologi merupakan tempat edukasi sekaligus wisata. Kemudian sudah didatangi dari berbagai daerah hingga turis mancanegara.

Lalu memiliki green house dilengkapi dengan tanaman organik di dalamnya. Dan memiliki beragam spot-spot yang memiliki delapan gang tematik, bertema bunga.

Baca Juga : Penutupan Tempat Wisata dan Hiburan di Kota Batu Diperpanjang sampai 21 April

Seperti Gang TPQ, Gang Bahagia, Gang Cinta, Gang Cemara Langit, Gang Desa, Gang Pundem, Gang Matahari, dan satu lagi ada gang yang belum diberi nama. Di setiap gangnya memiliki spot swafoto dengan beragam bunga yang tertempel di tembok atau digantung. 

 Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu, Arief As Siddiq menambahkan, kampung ini terus menunjukkan eksistensi di bidang lingkungan yang patut dicontoh. Bermula dari kampung yang kumuh kini bersih dari sampah. “Dan masyarakat di sana berhasil didorong untuk peduli dengan lingkungannya. Semoga ke depan tidak hanya di sana saja tapi merambah ke desa atau kelurahan di Kota Batu,” kata Arief.

Topik
BatuBerita BatuKampung EkologiKampung Ekologi batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru