Komisaris Utama PT ACA Iwan Kurniawan (kanan) saat berbincang dengan anak-anak yatim di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Komisaris Utama PT ACA Iwan Kurniawan (kanan) saat berbincang dengan anak-anak yatim di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Anak-anak yang berkumpul di pendopo Kecamatan Pagelaran tertawa tergelak-gelak saat hiburan panggung boneka mewarnai Pekan Islami XIII PT Anugerah Citra Abadi (ACA), hari ini (25/5/2019). 

Mas Dino, membawakan kisah lucu menggunakan boneka monyet bernama Momo yang menggambarkan anak kecil berusaha tidak batal saat puasa. 

Baca Juga : MUI Sebut Puasa Ramadan Bentengi Diri dari Covid-19, Imbau Ibadah di Rumah

Bersama Mr Bosy si Pesulap, Mas Dino menjadi salah satu pengisi acara yang ditunggu dalam acara pemberian santunan rutin tiap Ramadan bagi anak-anak yatim dan duafa itu.

Mas Dino yang memiliki nama asli Andung Setiawan, mengaku sangat menikmati menghibur anak-anak yatim yang tengah berpuasa itu. 

"Hari ini pesertanya lebih semarak, jadi semangat terus saya. Mudah-mudahan sampai akhir rangkaian safari ini, anak-anak tetap antusias," ujarnya. 

Untuk diketahui, di Kecamatan Pagelaran ada 100 duafa dan 447 anak yatim yang hadir. 

Masing-masing perwakilan dari Desa Balearjo, Banjarejo, Brongkal, Clumprit, Kademangan, Kanigoro, Karangsuko, Pagelaran, Sidorejo dan Suwaru.

"Bersama Mr Bosy ini saya memadukan antara cerita lucu dengan atraksi. Kalau nggak lucu, ini saya punya beban mental," ujarnya. 

Sejak setahun terakhir, Mas Dino menjadi partner Mr Bosy yang memiliki nama asli Muhammad Saifullah Islam. 

Selain panggung boneka, mereka juga menyajikan sulap, hipnotis, hingga bernyanyi bersama. Lagu anak-anak pun dipilih untuk menyemarakkan suasana. 

"Kami berprinsip, bagaimana materi hiburan ini membuat anak-anak bisa senang dan unsur edukasinya tetap ada. Kami hindari lelucon yang tidak sesuai umur maupun yang menampilkan kekerasan," tutur pria yang sejak 1991 menjadi entertainer itu.

Hari ke enam rangkaian Safari Pekan Islami XIII PT Anugerah Citra Abadi (ACA), hari ini (25/4/2019) berlangsung di tiga lokasi di Kabupaten Malang. 

Sebanyak 1.357 paket santunan disalurkan pada para yatim dan duafa di Kecamatan Gedangan, Kecamatan Bantur dan Kecamatan Pagelaran. Santunan yang rutin digelar setiap Ramadan itu diserahkan langsung oleh Komisaris Utama PT ACA Iwan Kurniawan didampingi oleh Direktur Utama PT ACA Bambang Judo Utomo, Sekretaris Camat Pagelaran Chandra Peni, Muspika setempat, serta tokoh masyarakat dan pengurus Fatayat NU.

Baca Juga : MUI Sebut Puasa Ramadan Bentengi Diri dari Covid-19, Imbau Ibadah di Rumah

"Anak-anak, saya nggak akan ceramah tapi bagi-bagi hadiah. Tolong didoakan saya yaa, biar tahun depan bisa datang lagi," ujar Iwan Kurniawan saat datang di pendopo Kecamatan Pagelaran. 

Anak-anak pun lantas berebut untuk mengikuti kuis yang dibuat spontan itu. 

Mereka diminta membaca surat-surat pendek, rukun iman, rukun Islam, hingga pengetahuan umum dan juga menghapalkan Pancasila.

Salah satu perwakilan anak yatim yang mendapat santunan, Widya Trisnawati dengan penuh penghayatan melafalkan doa penutup majelis. 

Tak lupa, dia juga mendoakan agar kegiatan Pekan Islami yang digelar PT ACA setiap Ramadan itu terus dilakukan di tahun-tahun mendatang. 

"Ya Allah, berkahilah keluarga Bapak Iwan, lancarkanlah usahanya PT ACA, mudahkan urusannya, berikan umur yang barokah. Amin," ucapnya.