Nama-nama yang lazim di pakai ternyata punya proses dan alasannya sendiri (Ist)

Nama-nama yang lazim di pakai ternyata punya proses dan alasannya sendiri (Ist)



MALANGTIMES - Nama adalah doa yang ditanamkan oleh orang tua kepada anaknya. Agar kehidupannya menjadi baik dan sukses dunia dan akhirat. 

Harapan yang disisipkan pada sebuah nama ini sampai saat ini masih dipercayai para orang tua. Nama, bagi sebagian besar masyarakat bukan hanya sekedar panggilan. Atau bahkan tidak seperti yang disampaikan Shakespeare yang menyatakan, 'apalah arti sebuah nama'.

Tapi, tahukan Anda, nama apa saja yang banyak dipakai manusia. Selain tentunya nama Budi yang populer dikarenakan menjadi bahan ajar di sekolah zaman dulu.

Dari beberapa data yang dikumpulkan, ada sekitar 20 nama yang diberikan orang tua yang ternyata sama satu dengan yang lainnya. Ini minus dari nama Budi dan Iwan yang telah dipakai banyak orang sejak lama.

Nama-nama yang tergolong pasaran atau banyak dipakai orang lain di Indonesia adalah Dwi, Muhammad, Nur, Dewi, Tri, Dian, Sri, Putri, Eka, dan Sari. 

Dilanjut yang juga banyak dipakai orang Indonesia adalah nama Ayu, Wahyu, Indah, Siti,  Ika, Agus, Fitri, Ratna, Andi dan Agung.

Dari beberapa penuturan acak yang dilakukan MalangTIMES, terkait pemberian nama yang lazim dipergunakan dalam masyarakat Indonesia, didasarkan pada kemudahan untuk diingat dan dilafalkan.

"Biar mudah diingat dan gampang disebut saja, mas. Enggak neko-neko cari nama susah-susah. Apalagi pakai nama kelondo-londoan. Yang penting itu dalam nama ada doa baik kita," kata Agung seorang ayah bernama dua asal warga Kepanjen.

Lain halnya dengan Rina seorang ibu beranak satu yang mengatakan, untuk urusan nama merupakan suatu hal yang terbilang rumit juga. Rina menceritakan, sebelum anaknya lahir, pihak keluarga dan suami sudah mencari nama untuk sang calon anak.

"Kebetulan orang tua saya Jawa. Jadi rada ribet juga karena ada hitung-hitungannya untuk sebuah nama. Agar cocok, tepat dan tidak buat anak sakit-sakitan," ungkapnya sambil tersenyum mengenang pemberian nama anaknya yang sehari-hari dipanggil Sri.

Lain lagi dengan kepopuleran nama Muhammad yang juga sangat banyak sekali dipakai. Banyak orang tua memakai nama Muhammad kepada anak-anaknya agar nantinya bisa meniru akhlak Nabi Saw yang mulia.

"Selain itu, nama Muhammad juga bagi saya lebih cocok dibandingkan nama lainnya. Karena kami orang Islam," ucap Agung.

End of content

No more pages to load