Ilustrasi siswa madarasah. (Foto: istimewa Kemenag)

Ilustrasi siswa madarasah. (Foto: istimewa Kemenag)



MALANGTIMES - Tahun pelajaran baru ini, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Malang akan menanamkan karakter rahmatan lil alamin kepada para siswa madrasah di Kota Malang.

Hal ini diungkapkan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kota Malang, Drs Sutrisno MPd saat ditemui di kantor Kemenag belum lama ini.

"Ke depan untuk madarasah ini ada karakter-karakter yang akan kita tanamkan. Karena kementerian agama sudah punya visi bahwa anak-anak kita selain kita mempersiapkan revolusi industri 4.0, ada dua yaitu mencetak siswa atau peserta didik yang berkarakter islami ditambah dengan rahmatan lil alamin," bebernya.

Menurutnya, dua karakter inilah yang akan membentengi madrasah dalam mempersiapkan generasi yang akan datang.

"Bahwa diharapkan peserta didik kita ini berkarakter islami ditambah dengan rahmatan lil alamin. Jadi yang tidak ke kanan tidak ke kiri. Dia akan berjalan di tengah tengah. Ummatan wasathan," jelasnya lebih lanjut.

Islam sendiri adalah agama rahmatan lil ‘alamin, artinya Islam merupakan agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh alam semesta, termasuk hewan, tumbuhan dan jin, apalagi sesama manusia.

Allah juga menegaskan hal tersebut dalam firmanNya, “Dan tidaklah engkau (Muhammad) diutus ke muka bumi ini kecuali sebagai rahmat bagi seluruh alam.” (QS. al-Anbiya: 107).

Sedangkan ummatan wasathan adalah konsep masyarakat ideal dalam pandangan Al quran, yaitu masyarakat yang hidup harmonis atau masyarakat yang berkeseimbangan.

Nah, penanaman karakter ini pada siswa siswi madrasah di kota Malang akan dilakukan tahun ini dari segala sisi di semua matapelajaran.

"Tahun ini akan kita mulai," ucap Tris.

Program ini, dikatakan Tris akan akan diaplikasikan dalam segala pembelajaran (tematik).

"Tentunya bagaimana dengan alamnya, dengan lingkungannya, jadi tematik betul ini nanti di madrasah," pungkasnya.

End of content

No more pages to load