Masjid Hamidiye Camii di Turki. (Foto: istimewa)
Masjid Hamidiye Camii di Turki. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Kesan salat berada di tengah-tengah nuansa alam bisa dirasakan di Masjid Hamidiye Camii, Turki. Masjid ini menjadi perbincangan banyak warganet lantaran desainnya yang unik dan indah.

Desain masjid ini mengusung nuansa alam yang didominasi warna hijau dan biru muda. Masjid itu layaknya membuat nuasana sedang salat di taman atau alam terbuka.

Baca Juga : Menag Minta Tarawih Dilakukan di Rumah, Salat Id Ditiadakan, dan Halal Bihalal Online

Masjid kecil cantik ini terletak di tengah Bandar Kirsehir, Turki. Masjid ini menarik perhatian dengan rekaan yang menarik.
 

Siling (langit-langit) dilukis langit dan awan biru yang cantik. Ruang utama imam dilukis air terjun yang indah dibuat cukup tinggi.

Lalu pokok-pokok di antara tingkap dan permadani seakan rumput nyata. Kemudian di dinding dilukis pohon-pohon yang tinggi.
 


Juga dihiasi ornamen-ornamen kayu. Motif artistik dilukis oleh arsitek Azerbaijan, dan menarik perhatian dunia.
Wajar saja jika banyak jamaah yang terpesona dengan keindahan desain interior masjid tersebut. Hingga membuat para jamaah betah berada di dalam bangunan masjid yang megah ini.
 


Masjid ini sendiri dibangun pada tahun 1910 oleh Amir Al Mu'minin Sultan Abdulhamid II Khan. Desain interior ini diketahui terinspirasi dari surat Al Baqarah ayat 22.
 


Isi surat tersebut yaitu, “(Allah) yang telah menjadikan untuk kamu akan bumi sebagai hampar­an dan langit sebagai kanopi, dan diturunkanNya air dari langit (hujan), maka keluarlah dengan sebabnya buah-buahan, rezeki bagi kamu; maka janganlah kamu adakan bagi Allah sekutu-sekutu, padahal kamu mengetahui.”