Kepala DPKPCK Kabupaten Malang Wahyu Hidayat (kanan) saat memimpin apel pagi dan menekankan kinerja tinggi di bulan Ramadan.(DPKPCK)
Kepala DPKPCK Kabupaten Malang Wahyu Hidayat (kanan) saat memimpin apel pagi dan menekankan kinerja tinggi di bulan Ramadan.(DPKPCK)

MALANGTIMES - Bulan Ramadan adalah berkah. Dalam berkah tersebut, tentunya setiap hamba Tuhan patut bersyukur dengan kedatangan kembali bulan suci  tahun 2019 ini. Rasa syukur itulah yang harus terus dijaga dan tentunya ditingkatkan. 

Begitulah sekilas pernyataan yang dilontarkan oleh Wahyu Hidayat, kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang, dalam memberikan arahannya di setiap apel pagi kepada seluruh petugasnya di bulan Ramadan.

Wahyu juga menegaskan, sebagai pelayan masyarakat, maka rasa syukur itu harus ditingkatkan dengan cara memberikan pelayanan maksimal. "Jadi, tingkatkan terus kinerja dalam melayani masyarakat. Jangan jadikan bulan Ramadan ini menjadi alasan untuk bermalas-malasan yang akhirnya pelayanan kepada masyarakat menjadi turun," tegasnya.

Doktor ilmu sosial ini pun melanjutkan,  Ramadan sebagai bulan suci dan penuh berkah patutlah untuk dirayakan dengan cara bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing. "Kerja yang bahkan bisa lebih memberikan tingkat kepuasaan kepada masyarakat," ujar Wahyu.

Rakor evaluasi SDM DPKPCK Kabupaten Malang (DPKPCK)

DPKPCK Kabupaten Malang melalui orang nomor satunya tidak ingin bahwa bulan Ramadan menjadi alasan bagi seluruh petugasnya untuk bermalas-malasan dalam melayani masyarakat sebagai tugas pokoknya sehingga kinerja menjadi merosot tajam. "Jadi, memang penekanannya di sana. Kami semua memiliki komitmen bahwa di bulan Ramadan ini kita bersama-sama tingkatkan kinerja dalam melayani masyarakat sebagai tugas kami sebagai ASN (aparat sipil negara)," ungkap mantan kepala Dinas Pengairan Kabupaten Malang ini.

Komitmen yang disampaikan Wahyu inilah yang jadi pedoman seluruh pegawai DPKPCK Kabupaten Malang dalam bekerja di bulan Ramadan ini. Walau tanpa ada penekanan, ujar Wahyu, kinerja seluruh petugas DPKPCK Kabupaten Malang selama ini terbilang memuaskan. "Tapi, kinerja setiap petugas terus kami lakukan evaluasi. Ini pula yang kami lakukan di bulan Ramadan ini," imbuhnya.

Seperti diketahui, DPKPCK Kabupaten Malang dalam beberapa hari lalu melakukan rapat koordinasi terkait evaluasi sumber daya manusia (SDM). Evaluasi SDM tersebut melibatkan seluruh pejabat teras DPKPCK Kabupaten Malang sehingga akan diperoleh sebuah evaluasi yang tepat atas kerja individu petugasnya.

"Ini sebagai bentuk untuk memacu juga kinerja karyawan di sini. Sehingga kami memiliki data terkait potensi dan kerja seluruh petugas di sini," pungkas Wahyu.