Seagaia Ocean Dome, Jepang. (Foto istimewa)
Seagaia Ocean Dome, Jepang. (Foto istimewa)

MALANGTIMES - Pantai menjadi salah satu destinasi wisata alam favorit banyak orang. Bermain air dan pasir, mendengarkan suara ombak, menikmati angin laut dan teriknya matahari, siapa yang tak tergoda?

Sayangnya, sering lokasi pantai terletak jauh dari daerah perkotaan. Hal ini membuat warga kota tidak bisa mengunjungi pantai begitu saja dengan cepat. Mereka harus rela capai menempuh perjalanan puluhan kilometer dulu.

Tetapi, sebenarnya pantai bisa dinikmati di tengah kota. Pantai-pantai di tengah kota ini adalah pantai buatan. Namun, dibuat sama persis dengan pantai yang sesungguhnya.  Suasana dan keindahannya sudah tak diragukan lagi, bahkan di beberapa pantai bisa saja lebih menarik daripada yang alami.

Berikut inilah enam pantai buatan di dunia, salah satunya ada di Malang.

1. Seagaia Ocean Dome, Jepang

Seagaia Ocean Dome menjadi pantai indoor terbesar di dunia. Pantai ini berlokasi di Kota Miyazaki. Dibuka sejak tahun 1993 silam, Seagaia Ocean Dome tak pernah sepi pengunjung.

Seagaia Ocean Dome menawarkan suasana yang seolah-olah berada di pantai asli. Terdapat ombak, gunung berapi buatan, serta atap yang bisa mengeluarkan cuaca panas dan hujan. Hal ini membuat Seagaia menjadi salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi apabila pergi ke Jepang.

2. South Bank Parklands, Australia

South Bank Parklands berada di Kota Brisbane, Australia. Letaknya berada di tengah-tengah kota, membuat siapa saja tak kesulitan untuk mendatangi pantai buatan ini.

Di South Bank Parklands, pengunjung juga bisa menjelajahi hutan dan sungai buatan yang berada tepat di sampingnya. Urusan kebersihan terjamin karena air yang digunakan selalu diganti setiap 6 jam sekali.

3. Sun City, Afrika Selatan

Sun City berada di Kota Rosteburg, Afrika Selatan. Para turis bisa mendatanginya dari Kota Johannesburg dengan lama perjalanan hanya dua  jam.

Airnya berwarna biru dan terdapat ombak buatan. Di sini juga disediakan tempat penginapan apabila pengunjung masih betah dan belum puas bermain air seharian.

4. San Alfonso Del Mar, Chili

San Alfonso Del Mar terletak di Kota Algarrobo, Chili, Amerika Selatan. San Alfonso Del Mar memiliki panjang hingga 1 km. Air yang digunakan didatangkan langsung dari Samudera Pasifik. Pantai buatan ini sayang untuk dilewatkan sebab sensasi berada di Pantai Hawaii akan terasa di sini.

5. Palm Island, Uni Emirat Arab


Palm Island merupakan pantai buatan terindah dan termegah di dunia. Letaknya ada di Kota Dubai, Uni Emirat Arab.

Selain pantai, ada pula pulau buatan yang superbesar dan apabila dilihat dari udara akan membentuk pohon palm. Pantai yang indah ditunjang dengan bangunan yang supermewah. Tak heran jika tempat ini disebut surga dunia.

6. Hawai Waterpark Malang, Indonesia

Hawai Waterpark Malang merupakan wisata buatan yang menyajikan berbagai wahana permainan air berkualitas internasional. Lokasinya di Jalan Graha Kencana Raya, Banjararum, Singosari, Malang, Jawa Timur.

Terdapat banyak sekali wahana air di sana. Salah satu wahana yang ikonik dan seperti pantai, lengkap dengan sensasi tsunaminya, yaitu Waikiki Beach atau kolam tsunami.

Wahana air ini menjadi salah satu unggulan karena merupakan yang satu-satunya di Indonesia. Kolam ombaknya dibuat sama persis seperti di Hawaii, Amerika.

Kerinduan akan pantai pasti terbayarkan bagi pengunjung yang menjajal wahana ini. Di sini para wisatawan akan merasakan sensasi deburan dan empasan ombak buatan ala pantai yang pastinya sangat mengasyikkan sekaligus mendebarkan.