Hawai Waterpark Malang. (Foto: istimewa)

Hawai Waterpark Malang. (Foto: istimewa)



MALANGTIMES - Tak bisa dipungkiri bahwa Indonesia memiliki juataan kekayaan alam yang luar biasa. Tak heran jika wisata alam di Indonesia terkenal di seluruh dunia. Namun, di Indonesia juga terdapat wisata buatan yang tak kalah dengan wisata alamnya.

Ada begitu banyak inovasi wisata buatan di Indonesia yang bisa menjadi referensi berwisata Anda. Berikut lima wisata buatan paling disukai di Indonesia.

1. Dunia Fantasi (Dufan)
 


Dunia Fantasi atau yang lebih populer dengan sebutan Dufan adalah tempat hiburan yang terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol (Ancol taman impian), Jakarta Utara, Indonesia. Dufan merupakan theme park pertama yang dikembangkan oleh Perseroan dan telah memiliki sertifikat ISO 9001:2008 sejak 2009. Dibuka untuk umum sejak 29 Agustus 1985, Dufan menjadi pusat hiburan outdoor.

Dufan juga merupakan kawasan edutainment fisikia terbesar di Indonesia yang memanjakan pengunjung dengan Fantasi Keliling Dunia, melalui wahana permainan berteknologi tinggi yang terbagi dalam 8 (delapan) kawasan yaitu Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat, dan Kalila.

Pada tahun 2013, Dufan menambah satu kawasan lagi yaitu kawasan dalam ruang (Indoor Dufan) yang dilengkapi dengan wahana Ice Age dan Kontiki. Pada tahun 2014 dan tahun 2015, Dufan menambahkan wahana Hello Kitty Adventure dan Dufan Glow.

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
 


Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur dengan area seluas kurang lebih 150 hektar.

Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat 33 provinsi Indonesia (pada tahun 1975) yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan aneka busana, tarian dan tradisi daerah.

Di samping itu, di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya, kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX (Keong Mas dan Teater Tanah Airku). Berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMIII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota.

3. Trans Studio Bandung
 


Trans Studio Bandung resmi dibuka pada 18 Juni 2011 dan dibangun di atas tanah seluas 4,2 ha. Lantaran konsepnya adalah theme park indoor, pengunjung bisa bermain dengan nyaman tanpa takut akan kepanasan atau kehujanan.

Wahananya yang ditawarkan beragam, mulai dari wahana untuk semua usia sampai wahana yang extreme. Trans Studio Bandung memiliki 20 wahana permainan dengan tema tersendiri dan terbagi menjadi 3 kawasan besar, yakni Studio Central (bernuansa broadway), Lost City (Suasana Alam), dan Magic Corner (Suasana Mistis).

Di setiap 3 kawasan ini masing-masing terdapat berbagai macam permainan yang berbeda- beda dan namanya disesuaikan dengan program TV yang ada di transTV maupun Trans7.

4. Hawai Waterpark Malang
 


Hawai Waterpark Malang menyajikan berbahai wahana permainan air seluas 28.000 meter persegi. Dibuka untuk umum sejak tahun 2015, lokasinya di Jalan Graha Kencana Raya, Banjararum, Singosari, Malang, Jawa Timur.

Theme park yang satu ini dilengkapi berbagai wahana permainan air berkualitas internasional. Salah satu yang iconic yaitu Waikiki Beach atau Kolam Tsunami. Kolam ombak ini disebut-sebut persis seperti di Hawaii dengan beberapa level ombak mulai dari yang paling rendah hingga tingginya mencapai 3,5 meter.

Ada pula Waimea Stream River, kolam arus dengan panjang 4,2 meter, lebar 4 meter, dan kedalaman 0,9 meter. Di wahana ini Anda bisa merasakan efek hujan angin dalam goa menggunakan ban dan merasakan ombak yang memacu adrenalin.

Yang tak kalah menarik, ada Mavi Island yang dikhususkan untuk anak-anak karena menawarkan warna-warna cerah serta tokoh-tokoh menarik yang bisa menyemprotkan air.

Ada juga wahana Hawai Water House yang menawarkan permainan menyenangkan untuk anak-anak dan dewasa berupa ember air, kolam air mancur, permainan interaktif, serta 6 seluncuran air dari ketinggian 18 meter hingga 3 meter. 

Untuk Anda yang menyukai hal-hal ekstrem, ada wahana Rainbow Fall berupa seluncuran setinggi 15 meter, Ekolu Slide berupa seluncuran setinggi 15 meter dengan panjang lintasan 100 meter per line, Wailele Slide yang juga menawarkan slide setinggi 15 meter dengan panjang 80 meter, hingga Hula-Hula Slide yang berupa wahana dengan panjang 140 meter dan lebar 1,3 meter serta memiliki beberapa tikungan tajam. Tapi jika Anda hanya ingin sekadar bersantai, bisa mencoba berenang di Akaolu Pool sedalam 1,7 meter.

Lalu ada wahana VR (Virtual Reality) Twister Robotik dengan film 10 dimensi yang diklaim sebagai satu-satunya di Indonesia. Di Hawai Waterpark Malang juga ada wahana Salju Busa yang aman di mata.

Di akhir tahun 2018, Hawai Waterpark memberi kejutan kepada para wisatawan dengan wahana barunya, yaitu Jet Coaster Slide. Jet Coaster merupakan salah satu wahana yang Terpanjang Se-Asia Tenggara, yakni 225 meter dan start wahana yang berada di ketinggian sekitar 20 meter. Wahana ini dilengkapi cahaya LED warna-warni di setiap lekukannya.

5. The Jungle Waterpark Bogor
 


The Jungle Waterpark Bogor atau tepatnya The Jungle Water Adventure Bogor merupakan kompleks wahana permainan air yang memiliki luas sekitar 4,8 hektar.

Wahana yang ada di sana termasuk komplit mulai dari Giant Aquarium, Flying fox, Slide Pool, Kiddie Pool, Leisure Pool, Bird Park, Area Fountain Futsal, Rumah Hantu, Lazy River, Dry Park, Sinema 4D, Gazebo dan Cabana, Snow World, Gokart, Bungee Trampoline, Paint Ball, dan lain-lain.

Dengan adanya banyak wahana dan fasilitas yang ditawarkan dari The Jungle Bogor, tentunya membuat pengunjung bisa lebih betah berada dan tak bosan menjajal permainan di sana. Pantas saja tempat wisata ini tidak pernah sepi.

End of content

No more pages to load