Jerpaya salah satu buah unik ada di Indonesia. (Foto Istimewa)

Jerpaya salah satu buah unik ada di Indonesia. (Foto Istimewa)



MALANGTIMES - Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan di jaman sekarang, membuat para ahli tanaman Botani di dunia sudah banyak melakukan eksperimen untuk menciptakan tanaman dan buah jenis baru dengan cara Hibrida.

Tapi terkadang, ada juga Hibrida atau persilangan tanaman dan buah yang terjadi secara alami. Lantas seperti apa bentuk dan rasa buah unik hasil persilangan tersebut?

Berikut buah unik hasil persilangan yang ada di berbagai negara. Antara lain:

1. Pineberry
 

Buah yang satu ini bukan strawberry yang biasa kamu temukan di supermarket. Pineberry adalah penemuan baru di dunia buah-buahan. Bentuknya memang mirip banget sama strawberry tapi yang membuat beda adalah warnanya. Kalau Pineberry ini warna kulitnya putih dan rasanya lebih mirip nanas yang punya rasa manis-asam.

2. Pluots
 

Pluots adalah buah unik hasil persilangan antara buah Plum dengan buah Apricot. Buah ini terkenal dengan teksturnya yang sangat lembut, memiliki rasa yang sangat manis, dan kandungan vitamin C sangat tinggi.

Selain itu, buah Pluots juga mengandung lycopene yang antioksidan, lutein, potassium, dan anthocyanins. Buah ini juga termasuk salah satu buah yang tidak memiliki natrium, yaitu sejenis zat yang bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh manusia.

3. Cucamelon
 

Cucamelon adalah salah satu buah unik hasil persilangan dari gabungan 3 jenis buah yang berbeda yakni buah semangka, buah mentimun, dan buah jeruk nipis. Hasilnya, bentuknya seperti Semangka berukuran kecil dengan rasa perpaduan antara jeruk nipis dan mentimun.

Hebatnya, Cucamelon sangat mudah ditanam bahkan bisa ditaman di dalam pot dan di luar ruangan. Selain itu, tanaman yang berasal dari negara Meksiko ini juga kebal terhadap hama dan tahan kering.

4. Pink Pineapple
 

Umumnya, isi buah nanas berwarna kuning, tapi sekarang sudah ada jenis buah nanas yang isinya berwarna pink atau merah muda yaitu Pink Pineapple. Tapi tenang, warna pink pada buah nanas ini bukan pewarna buatan.

Diketahui, pengembangan buah nanas berwarna pink ini memakan waktu selama kurang lebih 12 tahun. Tapi sayang, untuk saat ini buah Pink Pineapple belum dijual secara bebas.

5. Kiwi Berries
 

Pastinya banyak orang yang sudah tahu dengan buah kiwi, yang terkenal sebagai salah satu buah yang banyak mengandung vitamin C. Bulu-bulu yang terdapat di kulit buahnya bisa membuat seseorang gatal-gatal.

Nah, beberapa waktu lalu, di Amerika Serikat pernah heboh tentang penemuan buah baru bernama Kiwi Berries. Uniknya, buah hasil persilangan antara buah kiwi dan buah berri ini tidak memiliki bulu yang bisa membuat gatal seperti buah kiwi pada umumnya.

6. Lemato
 

Buah Lemato ini dibuat oleh peneliti asal Israel dengan merekayasa genetika buah tomat dengan rasa lemon dan mawar, serta ditambahkan aroma serai dan geranium. Warna merah pada buah ini tidak terlalu pekat, hal ini terjadi karena kandungan lycopene-nya hanya setengah dari buah tomat pada umumnya. Selain itu, saat ditaman hanya membutuhkan sedikit pestisida dan masa simpannya juga lebih lama daripada buah Tomat pada umumnya.

7. Paradis Sprakling
 

Paradis Sparkling adalah buah hasil varietas antara dua jenis buah apel yang memiliki rasa mirip seperti minuman soda. Buah unik ini merupakan hasil persilangan antara buah Apel Resi dengan buah Apel Pirouette Inggris.

Varietas buah apel jenis baru ini diciptakan atau ditemukan oleh beberapa ahli pembibitan buah di Swiss. Mereka berhasil menemukan cara membuat jenis Apel ini, setelah melakukan penelitian selama kurang lebih 10 tahun.

8. Grapple
 

Grapple adalah hasil dari persilangan antara buah apel dengan buah anggur. Bentuknya mirip seperti buah Apel Fuji, dengan warna kulit agak merah kekuning-kuningan.

Grapple merupakan buah hasil rekayasa dari Todd Snyder of C&O Nursery. Mereka berhasil merekayasa buah ini dengan cara menyuntikkan perasa buah anggur ke dalam buah apel untuk mendapatkan rasa buah apel yang berbeda.

9. Black Sapote
 

Buah satu ini memang bukan hasil rekayasa genetika. Saudara sawo dan buah kesemek ini punya warna daging yang gelap dan mirip puding cokelat. Black Sapote ini memiliki rasa seperti puding cokelat.

10. Jerpaya
 

Jerpaya adalah salah satu buah unik asli Indonesia, yang merupakan perpaduan antara buah jeruk dan buah pepaya. Makanya diberi nama Jerpaya. Dimana, kulit dan isinya seperti buah jeruk, tapi daging buahnya seperti pepaya berwarna putih. Tapi konon katanya, buah yang memiliki rasa seperti buah jeruk ini bisa mengobati berbagai penyakit.

End of content

No more pages to load