Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Zainal Fanani (tengah) memberikan piagam kepada pimpinan ludruk.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Zainal Fanani (tengah) memberikan piagam kepada pimpinan ludruk.



MALANGTIMES - Kesenian teater tradisi ludruk oleh Gita Praja dari Kabupaten Jombang digelar di Taman Krida Budaya Jatim, Kota Malang, Sabtu (23/2/2019).

Pagelaran tersebut dihadiri langsung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur. Pagelaran ini diawali dengan sambutan dari Disbudpar Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Sekretaris Disbudpar Jawa Timur Zainal Fanani.

Zainal menyampaikan pesan dari Kadisbudpar Jatim Sinarto tentang pemfasilitasian kesenian dan kebudayaan dari Pemprov Jatim. Dia menuturkan seputar kekayaan warisan kebudayaan dan kesenian bangsa yang sudah diakui di dunia.

Pagelaran ini merupakan sebuah upaya untuk membangun ruang ekspresi bagi para seniman ludruk untuk menghadirkan karya baru yang kreatif, inovatif serta edukatif. Dalam hal ini, Zainal menyebutkan bahwa Pemprov jatim akan menjadi fasilitator serta regulator dan pendorong kesenian dan kebudayaan di Jawa Timur.

Menurut Zainal, Disbudpar Jatim akan terus memfasilitasi kesenian serta kebudayaan melalui penyelenggaraan even, peningkatan sumber daya seniman, penyediaan fasilitas dan hal lain ywang mendukung program pengembangan kesenian dan kebudayaan di Jawa Timur. Dalam hal ini, pemerintah akan bersinergi dengan pemerintah kabupaten dan kota serta para seniman dan stakeholder lainnya.

Hal tersebut tentunya sebagai tindakan terhadap peningkatan kualitas kesenian dan kebudayaan di Jawa Timur. "Kami akan meletakkan program seni budaya provinsi yang besar berada di kabupaten dan kota di Jawa Timur," ucapnya.

Ia juga berpesan agar ludruk harus terus berkembang di zaman sekarang ini. Sebab, ludruk merupakan sebuah pertunjukan yang mengangkat cerita tentang kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dicerna oleh masyarakat.

"Di zaman yang terus berkembang ini, ludruk perlu memperbarui kemasan dari sajian yang dipertunjukkan agar bisa terus eksis dan berkembang di masyarakat," pungkasnya. 
 

End of content

No more pages to load