Empat Tol Bawah Air Tercanggih dan Mengagumkan di Berbagai Negara

Feb 22, 2019 13:15
Tol bawah laut di Norwegia. (Foto: istimewa)
Tol bawah laut di Norwegia. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Terowongan bawah air bisa menjadi solusi untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas secara efisien dan praktis. Adanya terowongan atau jalan tol bawah air menghubungkan satu wilayah dengan wilayah lainnya, apalagi yang dipisahkan oleh laut. pasti sangat membantu. 

Sekarang ini, berbagai negara maju sudah banyak yang mulai mengembangkan terowongan bawah air yang bisa menghubungkan banyak wilayah. Berikut terowongan-terowongan bawah air tercanggih dan mengagumkan yang ada di berbagai negara.

1. Tol Bawah Laut Norwegia
 

Empat-Tol-Bawah-Air-Tercanggih-dan-Mengagumkan-di-Berbagai-Negara18f2a0782438f0406.jpg

Sebagai salah satu negara yang tergolong maju, Norwegia membangun infrastruktur tol bawah laut yang panjang dan canggih. Dilansir dari bisnisinside.com, pembangunan tol bawah laut ini diperkirakan menelan biaya hingga USD  25 miliar atau sekitar lebih dari Rp 350 triliun.

Terowongan yang dibangun dari Kristiansand hingga Trondheim ini diperkirakan mampu memangkas waktu perjalanan dari 21 jam menjadi hanya 11 jam. Terowongan bawah laut ini dibangun 100 kaki di bawah permukaan air laut sehingga kapal masih bisa lewat di atasnya.

Baca Juga : Teori Baru Bermunculan di Tengah Pandemi Corona: Media Tebar Propaganda, Ciptakan Panik, Ending-nya Krisis Ekonomi

Rute terowongan ini diperkirakan sepanjang sekitar 1.100 km. Proyek ini kini masih dalam proses pembangunan dan diperkirakan akan selesai pada  2035.

Untuk diketahui, Norwegia sendiri telah memiliki 1.150 terowongan dan 35 di antaranya berada di bawah air.

2. Tol di Bawah Danau, China
 

Empat-Tol-Bawah-Air-Tercanggih-dan-Mengagumkan-di-Berbagai-Negara289e270d620f18dfe.jpg

China akan membangun jalan tol di bawah Danau Taihu, Provinsi Jiangsu, bagian timur China. Departemen Transportasi Provinsi Jiangsu mengatakan nantinya jalan tol ini akan memiliki jalan dengan lebar 43,6 m dan akan menghubungkan Kota Changzhou dengan Kota Wuxi.

Tol ini diperkirakan akan memiliki panjang terowongan bawah air hingga 10,8 km. Jalan tol ini sendiri telah mulai dibangun pada Juni 2017 lalu dan dijadwalkan akan selesai pada 2021 nanti.

Danau Taihu sendiri sebenarnya merupakan salah satu destinasi populer di China. Pihak pengembang tol ini juga mengatakan bahwa pembangunan tol bawah danau ini tidak akan mengganggu atau mencemari ekosistem di perairan di bawahnya.

Terowongan bawah laut ini juga sudah banyak jumlahnya di China. Proyek prestisius di China ini diperkirakan akan memakan biaya hingga USD 2,4 miliar atau setara dengan 33 triliun rupiah. Bahkan nantinya terowongan bawah danau ini akan menjadi yang terpanjang dan terlebar di China.

3. Terowongan Bawah Laut di Denmark dan Swedia

Empat-Tol-Bawah-Air-Tercanggih-dan-Mengagumkan-di-Berbagai-Negara35a2a0425f9174195.jpg

Terowongan bawah laut yang dimiliki  Denmark dan Swedia tepatnya ada di jalan tol yang menghubungkan Copenhagen, ibu kota Denmark. dan Kota Malmo di Swedia.

Sebelum memasuki terowongan sejauh 4 km ini, pengendara akan disuguhi pemandangan kiri kanan lautan dari sisi jembatan yang memiliki arsitektur menawan. Namun pada pertengahan lintasan menuju Malmo, jembatan ini menghujam ke dalam laut dan berubah menjadi terowongan di bawah laut.

4. Terowongan Kereta Bawah Laut Sydney
 

Empat-Tol-Bawah-Air-Tercanggih-dan-Mengagumkan-di-Berbagai-Negara4a3f33aac789da818.jpg

Di Sydney, Australia, terowongan bawah laut dibuat khusus untuk dilalui kereta bawah tanah. Tepatnya berada di bawah salah satu ikon populer di Kota Sydney, yaitu di bawah Harbour Bridge atau jembatan pelabuhan.

Biaya yang dikeluarkan untuk proyek terowongan bawah laut ini mencapai lebih dari USD 20 miliar atau senilai dengan 283 triliun rupiah. Saat ini pengeboran untuk proyek ini telah dimulai dan direncanakan akan selesai pada tahun 2024 mendatang.

Baca Juga : Indonesia Urutan ke 30 dari 195 Negara yang Klaim Siap Hadapi Corona

Untuk membangun terowongan ini, tentunya digunakan sebuah mesin pengebor khusus yang ukurannya juga sangat besar. Dilansir dari edisi.net, mesin pengebor yang digunakan setara besarnya dengan dua buah pesawat Airbus A380.

Nantinya, terowongan kereta bawah laut ini akan memiliki panjang sekitar 31 km dan akan menghubungkan daerah barat Australia dengan Kota Chatswood, serta akan menjadi jalur baru dari kereta bawah tanah di Sydney.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Berita MalangTol Bawah Air TercanggihBerbagai NegaraTerowongan bawah air

Berita Lainnya

Berita

Terbaru