STMJ Legendaris Pak Sentot yang Selalu Ramai Pengunjung

Feb 16, 2019 19:46
menu STMJ Jadam milik STMJ legendaris Pak Sentot
menu STMJ Jadam milik STMJ legendaris Pak Sentot

MALANGTIMES - Musim hujan memang paling enak itu mencari minuman yang hangat - hangat. Ada satu rekomendasi kuliner yang bikin tubuh . Bertempat di Bareng Kulon Kecamatan Klojen Kota Malang, STMJ Pak Sentot yang melegenda ini patut dikunjungi.

STMJ yang didirikan oleh Almarhum Warli Sentot dan  dikenal dengan Pak Sentot di tahun 1974 ini, kini dipegang oleh Leman Sidarta generasi kedua . STMJ yang juga bisa dikatakan sebagai pelopor warung STMJ di Malang ini merupakan hasil coba - coba oleh Sentot. Dulunya ia melihat ada di daerah Surabaya, namun bahan yang digunakan hanya air putih yang mendidih, bukan susu. "Awalnya ada di surabaya, namanya jahe telor, medianya bukan susu, tapi air putih yang mendidih," ujar Leman

Baca Juga : Sajikan Dawet Asli Kromengan, Warung Mak Tum Bisa Jadi Alternatif Wisata Kuliner

Lanjutnya, leman menuturkan dalam perjalanannya, pak Sentot berulang kali merasakan pahitnya proses pengenalan STMJ yang dibuat dari perpaduan 4 bahan ini. Leman mengatakan bahwa sebelum di lokasi sekarang ini, sudah 3 tempat pernah disinggahi sebagai tempat jualan. Di jalan kawi yang sekarang menjadi Warung Pecel Kawi, kemudian di depan Gedung Olah Raga (GOR) Pulosari, dan di Bareng Kulon lokasi warungnya saat ini.

Ada beberapa varian STMJ yang disediakan di warung ini, antara lain Original, dan STMJ susu coklat. Namun yang menjadi favorit pelanggan masih tetap di varian Original. Uniknya, di sini juga terdapat STMJ Jadam. STMJ ini merupakan STMJ dengan paduan bahan kopi Jadam. Jadam merupakan tanaman yang banyak ditemukan di daerah gurun. Jadam juga banyak dikenal sebagai ramuan jamu yang memiliki banyak khasiat. Oleh jarena itu STMJ jadam ini juga dikatakan sebagai STMJ Jamu. "STMJ jadam itu merupakan campuran beberapa rempah - rempah dan Kopi Arab yang punya banyak khasiat," ujar Leman.

Bahan yang digunakannya pun ia beli masih di seputar Kota Malang saja. Untuk mempertahankan rasanya, ia menuturkan bahwa resep yang digunakan masih sama dengan STMJ lainnya, seperti susu sapi murni. Namun, ada satu resep rahasia yang tidak bisa ia jelaskan. "Resepnya sama saja, susu sapi murni, jahe, madu, dan telor. Cuman madunya itu beda, itu rahasia," jelasnya

Dalam sehari Leman bisa menjual sedikitnya 300 gelas yang terjual dari awal buka jam 17.00 sampai tutup jam 24.00 WIB. Kebanyakan mahasiswa yang menjadi pelanggan di tempat ini. "Kalo sore itu biasanya pelanggan lama, kalo mahasiswa itu biasanya mulai jam delapan sampai tutup," ujarnya.

Baca Juga : 5 Tempat Kuliner Halal dan Murah yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan ke Malang

Selain warga malang dan kalangan mahasiswa, deretan artis juga pernah menikmati STMJ Pak Sentot. Deretan artis itu, seperti Nugie, Dian Permana Poetra, serta Deddy Dhukun. Mereka pernah datang untuk merasakan STMJ legendaris ini. Ada juga Politikus seperti Wiranto yang pernah mampir ke tempat ini.

Sementara itu, tak hanya STMJ  saja yang dijualnya, ada juga jajanan seperti roti bakar dan pisang bakar yang bisa digunakan sebagai teman minum STMJ. Untuk harga STMJ nya dibanderol mulai dari Rp 13 ribu hingga Rp 20 ribu untuk satu porsinya.

Topik
Berita MalangSTMJ Legendaris Pak Sentot yang Selalu Ramai Pengunjung
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru